6 Hilang, Rumah Hancur Diterjang Longsor di Alaska

Kamis 03 Desember 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 18 2321156 6-hilang-rumah-hancur-diterjang-longsor-di-alaska-CwxfTFmHt1.jpg Kerusakan akibat longsor di Alaska. (Foto: Departemen Transportasi dan Fasilitas Publik Alaska)

HAINES - Enam orang dilaporkan hilang dan empat rumah hancur setelah serangkaian tanah longsor melanda Haines, Alaska, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (2/12/2020).

Berdasarkan keterangan pejabat, longsor terjadi beberapa kali pada siang hari, dengan yang terbesar memiliki lebar hampir 200 meter, melanda Battery Hill. Pada Rabu malam, lumpur dan pepohonan setebal sekira 3 meter menutupi area di mana rumah-rumah hancur, menurut keterangan Departemen Keamanan Publik Alaska yang dilansir Associated Press.

BACA JUGA: Ilmuwan Peringatkan Potensi Mega-Tsunami di Alaska

Wali Kota Haines Douglas Olerud mengatakan para korban telah segera dievakuasi, sementara upaya pencarian dan penyelamatan dihentikan pada Rabu malam karena hujan deras yang terus turun. Pencairan dilanjutkan pada Kamis (3/12/2020) pagi.

BACA JUGA: Gempa 7,8 SR Guncang Semenanjung Alaska, Peringatan Tsunami Diumumkan

Olerud juga telah mengumumkan keadaan darurat akibat banjir parah yang disebabkan badai musim dingin di daerah tersebut. Pengumuman itumenyatakan bahwa akibat hujan lebat dan salju, mengakibatkan beberapa jalan tergenang air dan tidak dapat dilalui dan terdapat kerusakan infrastruktur yang signifikan karena kerusakan dan runtuhnya jalan.

(Bernadus Melikanus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini