Menilik Lebih Dekat Wisma Makara UI untuk Isolasi Mandiri Covid-19

Vitrianda Hilba Siregar, · Kamis 03 Desember 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 65 2321055 menilik-lebih-dekat-wisma-makara-ui-untuk-isolasi-mandiri-covid-19-pbXVYfontt.jpg Universitas Indonesia. (Foto:Okezone)

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menyiapkan lokasi isolasi mandiri khusus pasien Covid-19 tanpa gejala klinis, pertama di Kota Depok, Jawa Barat.

Ruang isolasi mandirini lokasinya berada di Wisma Makara Universitas Indonesia dan lihat langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Januari 2021 Kuliah Dimulai Lagi, Harus Ada Rekomendasi dari Pemda dan Satgas Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan, di wisma ini tersedia jalur khusus untuk melakukan skrining awal, berupa suhu tubuh, tekanan oksigen, dan tekanan darah.

Jika tamu yang hendak isolasi mandiri memiliki tekanan darah tinggi, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit isolasi.

Fasilitas isolasi mandiri di wisma ini bersifat gratis, yang diperuntukkan bagi warga Kota Depok, dan sekitarnya. "Namun syaratnya membawa rekomendasi/rujukan tertulis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) puskesmas setempat. Pasien Covid-19 diperkenankan isolasi mandiri di wisma selama 10 hari,” kata dia.

Baca Juga: Perkuliahan 2021 Menggunakan Pola Hybrid Learning

Rektor Universitas Indonesia  Prof. Ari Kuncoro mengatakan,fasilitas karantina pasien Covid-19 tanpa gejala klinis merupakan bagian dari dukungan UI terhadap upaya pemerintah di dalam menekan angka penularan Covid-19.

“Kami berupaya mendukung pemerintah, khususnya sesuai arahan BNPB agar pemerintah daerah bekerja sama dengan hotel sebagai lokasi khusus isolasi OTG Covid-19. Di tengah pandemi saat ini, kolaborasi dan sinergi sangat dibutuhkan. Dengan tersedianya fasilitas isolasi mandiri, maka kita dapat turut menekan terciptanya klaster keluarga maupun kerja,” ujarnya.

Sementara Gubernur Ridwan Kamil mengapresiasi dukungan UI dengan menyediakan tempat karantina mandiri. “Wisma ini merupakan salah satu tempat karantina mandiri yang paling bagus se-Jawa Barat dan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien dengan tanpa gejala klinis,” katanya. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini