Kantor Staf Presiden Gandeng Uhamka Periksa Swab Test Pegawai

Vitrianda Hilba Siregar, · Kamis 03 Desember 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 65 2321204 kantor-staf-presiden-gandeng-uhamka-periksa-swab-test-pegawai-qoTpj5H0Vx.jpg Kantor Staf Kepresidenan dan Uhamka akan melakukan swab tes seluruh pegawai KSP. (Foto:Ist/Uhamka)

JAKARTA – Masih tingginya kasus Covid-19 terkonfirmasi membuat beberapa pihak menjalin kerja sama.

Seperti yang dilakukan Kantor Staf Presiden (KSP) menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (FK Uhamka) untuk urusan pemeriksaan swab tes seluruh pegawainya.

Perwakilan FK Uhamka, Dr. Wawang S. Sukarya mengatakan, pemeriksaan swab tes-PCR Covid-19 dilakukan bagi seluruh pegawai KSP.

Baca Juga: Dua Profesor Tumbang, Doktor Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU Periode 2021-2026

Teknisnya, pengambilan swab dilakukan di RS. Islam Cempaka Putih, sedangkan pemeriksaan PCR-nya dilakukan di Laboratorium Penelitian Fakultas Kedokteran Uhamka (Biosafety Level 2), dengan melibatkan dosen-dosen FK Uhamka yang ahli dalam bidang biomolekuler.

Sebelumnya, KSP juga memberi hibah alat kesehatan, berupa Real – Time PCR Thermal Cyber Mini 8 dengan spesifikasi peralatan Imunologi dan Mikrobiologi RNA Preanalytical Systems, pada 27 Oktober lalu.

Baca Juga: Menilik Lebih Dekat Wisma Makara UI untuk Isolasi Mandiri Covid-19

“Dengan alat ini kami juga dapat melayani masyarakat yang memerlukan dan mengembangkan keilmuan dalam bidang biomolekuler,” ujarnya," katanya, Kamis (3/12/2020)

Sementara Rektor Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro mengatakan, hibah peralatan tadi akan dimanfaatkan tidak hanya untuk pelayanan, tapi juga untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Peralatan ini juga dalam rangka peningkatan kualitas SDM Kampus Uhamka. Sekaligus ikut menunjang tercapainya masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera,” ujar Prof Gunawan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini