Cegah Covid-19, Mahasiswa Poltekad Buat Robot dan Kamera Canggih Pendeteksi Suhu

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 04 Desember 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 65 2321402 cegah-covid-19-mahasiswa-poltekad-buat-robot-dan-kamera-canggih-pendeteksi-suhu-rxEAb7oj6B.jpg Mahasiswa Poltekad (Foto: Dok Poltekac)

MALANG - Di masa pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat untuk berinovasi. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Poltekad dari Tim CIA yang diisi oleh Sertu Chandra Herkariawan, Sertu Agung Rahardjo, Serda Iman Saptiadi.

Sertu Agung Rahardjo menjelaskan, ia dan kedua rekannya prihatin dengan kondisi pandemi Covid-19. "Sekarang lagi pandemi virus Covid-19 oleh karena itu kami membuat robot Operasi Militer Selain Perang (MSP) dan Operasi Militer Perang) di mana saat perang robot ini dapat menembak dan tracking musuh. Robot ini juga dapat menyemprotkan disinfektan jadi bisa menggantikan tenaga manusia. Karena tenaga manusia rentan terinfeksi virusnya," ujar Serda Agung di lokasi.

Agung menambahkan, Tim CIA membutuhkan waktu enam bulan dari tahap perancangan sampai pembuatan. Total biayanya pun terbilang cukup mahal yakni mencapai Rp45 juta.

"Harga Rp45juta. Untuk pembuatan rangka dan mesin. Kita pakai mesin ATV berbahan bakar pertalite. Menggunakan mesin itu jaraknya bisa satu jam lebih," tambahnya.

Robot tersebut dikendalikan dengan Remote Control menggunakan jaringan wifi. Terdapat tangki air dengan kapasitas 5 liter.

"Sudah kita coba dengan menyemprotkan di asrama. Gerak menggunakan joystik. Tapi gerak kiri kanan belum bisa. Untuk penelitian selanjitnya robot bisa dikembangkan bisa belok secara fleksibel," tuturnya.

Selain robot penyemprot disinfektan, terdapat kamera canggih pendeteksi suhu tubuh otomatis dan image processing. Karya Sertu Andik Saputra mahasiswa jurusan Teknik Elektro Poltekad. 

"Kami membuat dan merancang bagaimana cara mendeteksi suhu tubuh otomatisdan juga dapat mendeteksi wajah itu sendiri sehingga lebih mudah atau tidak perlu menggunakan orang untuk mengecek suhu tubuh secara manual," ujar Andik.

Andik menjelaskan, spesifikasi kamera canggih tersebut terdiri dari sensor thermal atau menggunakan sensor AMG 8833 dengan sensor ultrasonik yang digunakan untuk jarak maksimal tiga meter. Kamera yang digunakan merupakan jenis webcam dengan pemrograman menggunakan Raspbery PE 3 dengan Pyton yang dipasangi alarm. Keunggulan lainnya, bagi operator hanya memantau tangkapan kamera lewat Tablet Android.

"Alat ini dapat mendeteksi wajah apabila suhu tersebut di atas normal yakni 37,5 maka secara otomatis buzzer atau alarm akan berbunyi dan mengcapture gambar dan disimpan dalam file. File itu terdapat jam dan hari kemudian wajah tersebut dapat terlihat dan nilai suhunya. sehingga dapat dicari orangnya. Ini online menggunakan tablet. Mudah dipasang di perkantoran, bandara dan lainnya," tutup Andik.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini