Jelang Coblos Pilkada Medan, Serangan Hoaks Nyasar Ketua MUI

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 08 Desember 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 608 2323640 jelang-coblos-pilkada-medan-serangan-hoaks-nyasar-ketua-mui-Gw201Z621b.jpg Foto ilustrasi Okezone

MEDAN - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Muhammad Hatta, diserang informasi palsu (hoaks) yang diduga sengaja disebar salah satu pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2020.

Tak tanggung-tanggung, hoaks tersebut dilancarkan ke masjid-masjid. Nama Hatta dikait-kaitkan dengan Gerakan Subuh Akbar serentak di masjid-masjid pada hari pemungutan suara Pilkada Medan pada Rabu, 9 Desember 2020.

(Baca juga: Beredar Kabar Laskar FPI yang Tewas Ditembak Polisi Jawara Silat)

Dikonfirmasi, Hatta membantah dirinya mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, pada Minggu malam, 6 Desember 2020 kemarin, ia memang sempat dihubungi untuk kegiatan doa subuh di seluruh masjid.

Namun lantaran diminta untuk membuat video dia menolak. "Enggak ada itu. Saya tidak ada membuat persetujuan untuk itu, sudah berjanji orang itu untuk mencabutnya. Nama saya dicatut," ungkapnya.

Dijelaskan Hatta, dirinya menolak lantaran yang menghubungi dirinya meminta agar direkam video dirinya untuk mendukung kegiatan doa subuh aman, kondusif.

"Meski saya tolak, tapi mereka tetap share dan disebarluaskan. Saya juga baru lihat share-nya pagi," ungkapnya seraya menjelaskan untuk kontestasi Pilkada, MUI Kota Medan netral, tidak ada pilih pasangan calon manapun.

(Baca juga: 6 Anggota Laskar FPI Ditembak Mati, KontraS Kecam Polri)

Sebelumnya, beredar undangan digital ke masyarakat dan masjid-masjid tentang gerakan subuh akbar serentak se-Kota Medan pada 9 Desember 2020.

Undangan disampaikan oleh Pengurus Daerah Jaringan Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (PD JPRMI) Kota Medan. Dan bagi mesjid yang ingin berpartisipasi disediakan spanduk Subuh Akbar tersebut.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini