Unbraw Tetapkan Kuliah Online Semester Depan

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 11 Desember 2020 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 65 2325744 unbraw-tetapkan-kuliah-online-semester-depan-hEA3ygdHbj.jpg Universitas Brawijaya. (Foto: Avirista/okezone)

KOTA MALANG - Pembelajaran daring atau online masih tetap akan diberlakukan Universitas Brawijaya (UB) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pembelajaran daring masih dilakukan dalam bentuk sinkron dan asinkron.

"Pembelajaran Sinkron merupakan belajar daring dalam waktu yang sama, belajar secara langsung, dan terlibat secara langsung," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Aulanni'am, Jumat(11/12/2020).

Baca Juga : 26 Ribu VitPAD Produk Unpad Dikirim ke Seluruh RSP di Indonesia

Menurutnya, ada dua sistem pembelajaran online yang digunakan di Universitas Brawijaya, yakni pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron. Pembelajaran sinkron biasanya dilakukan dosen dan mahasiswa melalui aplikasi zoom meeting, sedangkan pembelajaran asinkron merupakan sistem pembelajaran di mana mahasiswa melihat dosen melalui youtube, web, email atau pesan yang diunggah di forum komunitas, dengan pembelajaran video.

Sedangkan untuk praktikum dan kegiatan lapangan, UB memberlakukan penyertaan izin dari orangtua secara tertulis. Sementara bagi mahasiswa yang mempunyai komorbid harus menyertakan bahwa dirinya sehat.

Baca Juga : Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Kompetisi UMKM Nasional Berkat Usaha Kue Bronis Lur

"UB tetap melakukan protokol kesehatan jika memang diharuskan untuk melakukan praktikum dan kegiatan lapangan. Harus menggunakan masker dengan tiga lapis. Mahasiswa yang punya komorbid dalam kondisi terkontrol dan yang masuk tidak dalam kondisi Covid," papar Prof. Aul.

Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 35 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kampus Tangguh Universitas Brawijaya, proses pembelajaran semester Genap 2020/2021 dilakukan diselenggarakan secara daring.

Kedua, penyelenggaraan penelitian dan kegiatan lapang lainnya dapat diselenggarakan secara luring dengan syarat civitas akademika dan mahasiswa dalam kondisi sehat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini