Rektor Unpad Ketujuh Yuyun Wirasasmita Meninggal Dunia

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 13 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 65 2326672 rektor-unpad-ketujuh-yuyun-wirasasmita-meninggal-dunia-hOILX3HTMQ.jpg Prof. Yuyun Wirasasmita meninggal dunia (Foto : Okezone.com/Istimewa)

BANDUNG - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) ke-7 yang juga Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., meninggal dunia pada usia 89 tahun, Minggu (13/12/2020).

"Kami kehilangan putra terbaik yang pernah menjabat Rektor Unpad dan Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis," kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi.

Menurut dia, Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., yang menjabat rektor saat Unpad mulai merintis pembangunan kampus di Jatinangor ini adalah sosok yang penuh semangat. Usai menamatkan pendidikan SMA di Bandung, sosok muda Yuyun Wirasasmita melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan lulus pada tahun 1957.

Setelah lulus, Yuyun Wirasasmita yang dikenal memiliki semangat dalam mengajar dan meneliti itu diangkat menjadi menjadi dosen FE UGM. Pada saat bersamaan, Universitas Padjadjaran berdiri di Bandung pada tahun 1957. Sementara Yuyun Wirasasmita melanjutkan studi Master ke Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, dan lulus tahun 1960.

Lalu pada tahun 1961, muncul keputusan Menteri Perguruan Tinggi & Ilmu Pengetahuan yang menyatakan Yuyun Wirasasmita dipindahkan untuk menjadi dosen di Universitas Padjadjaran. Jabatan pertama yang diberikan kepada Yuyun Wirasasmita adalah Sekretaris FE Unpad.

Tiga tahun kemudian, Yuyun Wirasasmita telah menjabat sebagai Dekan FE Unpad. Jabatan Dekan FEB Unpad dijabatnya pada periode 1964-1968 dan 1977-1982. Saat menjadi dekan, Rektor Unpad saat itu, RH. Moh. Sanusi Hardjadinata, memintanya pula menjadi Pembantu Rektor III pada tahun 1967-1968.

Baca Juga : 26 Ribu VitPAD Produk Unpad Dikirim ke Seluruh RSP di Indonesia

Pada tahun 1982, Yuyun Wirasasmita terpilih menjadi Rektor Unpad, beliau mengemban jabatan tersebut selama 2 periode hingga tahun 1990. Setelah pernah menjadi kandidat Ph.D di Universitas Syracuse, Amerika Serikat pada tahun 1977, Yuyun Wirasasmita akhirnya meraih gelar doktor bidang Ilmu Ekonomi dari Rijksuniversitetit Ghent, Belgia pada tahun 1989.

Prof. Yuyun Wirasasmita lahir di Desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung pada 13 Februari 1931.

"Meski telah pensiun, Prof. Yuyun tetap terlihat aktif di berbagai kegiatan, termasuk menghadiri sejumlah kegiatan seremoni di Universitas Padjadjaran. Semangat Prof. Yuyun Wirasasmita yang pada tahun 2017 telah berusia 86 tahun ini menjadi inspirasi bagi banyak sivitas akademika Unpad," imbuh dia dalam siaran persnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini