"Protes" Model yang Ditahan Pemerintah, Para Wanita Ini Ramai-ramai Pakai Stoking

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 18 Desember 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 18 2330054 dukung-model-yang-ditahan-pemerintah-para-wanita-ini-ramai-ramai-pakai-stoking-tYVBWwHsIA.jpg Foto: Daily Mail

BELARUSIAPara wanita cantik ini memposting foto kaki mereka mengenakan stoking beragam motif untuk mendukung model  sekaligus Miss Belarusia Olga Khizinkova yang dipenjara karena memprotes pemilihan kembali Presiden Lukashenko di Belarusia.

Khizinkova yang dinobatkan sebagai Miss Belarusia pada 2008 ini ditangkap pada 8 November lalu karena keterlibatannya dalam unjuk rasa besar-besaran anti-pemerintah di Minsk. Otoritas Belarusia menyebut demonstrasi ini sebagai protes yang tidak sah.

Khizinkova termasuk di antara ratusan ribu warga Belarusia yang telah mengambil bagian dalam protes berkelanjutan terhadap pemilihan kembali Lukashenko pada Agustus lalu.

Dia seharusnya bebas pada Jumat (18/12), namun tiba-tiba jumlah hukumannya ditambah lagi selama sembilan hari.

Dikutip Daily Mail, tindakan keras terhadap para demonstran dilaporkan terjadi sangat brutal. Termasuk laporan penyiksaan dan pembunuhan di luar hukum oleh dinas keamanan.

Memrotes kejadian ini, para wanita ini pun memutuskan membanjiri media sosial (medsos) dengan foto kaki mereka di samping foto sang model. Beberapa pemrotes juga terlihat mengikatkan kain berwarna putih, merah dan putih sesuai warna bendera yang lama di sekitar kaki mereka.

Para pengunjuk rasa yang marah ini menggunakan medsos sebagai “flash mob solidaritas” untuk meningkatkan perhatian pada masalah yang dialaminya.

(Baca juga: Tentara Nigeria Bebaskan Lebih dari 300 Siswa Sekolah yang Diculik Kelompok Bersenjata)

Inisiatif ini dilaporkan terinspirasi brand Conte yang tampaknya menggantikan Khizinkova dalam iklan mereka dengan atlet Belarusia Laysan Utyasheva.

Para wanita ini memposting foto mereka dengan mengenakan celana ketat dan stocking dengan tagar “Saya Olga Khizinkova”.

“Hampir setiap wanita memiliki paket stoking di rumah, yang dihiasi dengan foto Olga, tetapi apakah semua orang tahu apa yang terjadi padanya?,” tulis pesan itu.

Satu foto menunjukkan sepasang stoking jala dengan sepatu hak tinggi dan rantai yang bertumpu pada bendera putih, merah, dan putih terlarang Belarusia yang digunakan oleh oposisi.

“Di mana kehidupan manusia tidak berharga dan dapat dihancurkan sebentar untuk menyenangkan sistem yang cacat,” tulis pesan itu.

“Gadis-gadis, jika Anda membeli celana ketat Conte, maka pada kemasannya Anda terbiasa melihat seorang pirang ramping cantik dengan kaki panjang. Ini adalah Olga Khizhinkova, Miss Belarusia 2008, “ tulis pesan yang lain.

Perusahaan pun banjir dengan keluhan dan omelan dari para pelanggan.

“Apakah Anda sudah menggantikan Khizhinkova? Tidak malu? Saya tidak akan membeli produk Anda lagi!,” terang salah satu pelanggan.

“Pada prinsipnya, saya akan membelanjakan uang saya di toko lain agar tidak mendukung perusahaan yang dengan mudah menggantikan Olga Khizhinkova saat dia di penjara tanpa bayaran,” ungkap pembeli yang lain.

Terkait hal ini, pesenam Utyasheva mengatakan dirinya benar-benar tidak menyadari situasi yang terjadi.

“Saya bukan brand ambassador dari merek stoking Conte dan saya belum pernah seperti itu sebelumnya, itu hanya satu aksi. Tidak ada pembicaraan tentang kontrak apa pun!,” terangnya.

Sementara itu, juru bicara Conte mengatakan kepada media lokal jika Khizhinkova belum resmi berkolaborasi dengan merek mereka selama dua tahun.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini