Sandi Masuk Kabinet Jokowi, Siapa Diuntungkan 2024?

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 27 Desember 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 525 2334530 sandi-masuk-kabinet-jokowi-siapa-diuntungkan-2024-Khj6CePxdN.jpg Foto: dok Okezone

BANDUNG - Presiden Joko Widodo baru saja merombak kabinet dan mengganti sejumlah menteri. Salah satu yang cukup mencolok adalah masuknya Sandiaga Uno, yang dulu menjadi rival Jokowi saat Pilpres 2019. Lalu bagaimana peta politik kedepan?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, setidaknya ada dua reaksi politik, pasca reshuffle kabinet yang dilakukan Joko Widodo. Reaksi terjadi menyebabkan perubahan arus politik.

(Baca juga: Menakar Plus Minus Sandiaga Uno Masuk Kabinet Jokowi)

"Pertama, menguatnya pengaruh pemerintah. Karena berhasil meniadakan rivalitas, hal ini merujuk masuknya Sandiaga menyusul Prabowo yang lebih dulu masuk ke kabinet," jelas dia, Minggu (27/12/2020).

Karena diketahui, pada Pilpres 2019 lalu, pertarungan politik cukup panas, lantaran hanya ada dua calon presiden. Akibatnya, masyarakat seolah hanya terbelah menjadi dua, yaitu pendukung Jokowi dan Prabowo.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, masuknya Prabowo-Sandiaga ini menjadi semacam jebakan popularitas. Terutama Sandiaga yang berpotensi kehilangan sebagian besar pendukungnya untuk kontestasi 2024.

"Di sisi lain, untuk tokoh-tokoh di luar pemerintah akan alami peningkatan elektabilitas baru, semisal kepada AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)," tegas dia.

(Baca juga: Sandiaga Didaulat Jadi Menparekraf, Tagar #SandiUnoAndalan "Rajai" Medsos)

Hal ini sudah terbukti dengan kekalahan Gerindra di Pilkada 2020. Seharusnya, kata dia, Sandiaga belajar dari reaksi publik terhadap bergabungnya Prabowo sejak awal.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini