Luncurkan Awan Panas Guguran, Status Gunung Semeru Waspada Level II

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 16 Januari 2021 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 519 2345634 luncurkan-awan-panas-guguran-status-gunung-semeru-waspada-level-ii-XQmkDAqs7V.jpg Situasi terkini Gunung Semeru/Foto Avirista-MNC Portal

LUMAJANG - Pos pemantauan api Gunung Semeru di Gunung Sawur membenarkan adanya aktivitas luncuran awan panas yang terekam video ponsel warga. Tampak di video tersebut asap hitam pekat keluar dari puncak Gunung Semeru dengan diiirngi suara gemeruh.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Semeru Yadi Yuliandi mengakui Gunung Semeru memang menunjukkan aktivitas vulkaniknya pada Sabtu sore (16/1/2021).

"Ya setelah dicermati ada luncuran awan panas guguran sejauh 4 kilometer ke arah Besuk Kobokan, terjadi pukul 17.24 - 18.35 WIB, dengan amplitudo 22 mm dan lama gempa 4.287 detik," terang Yadi melalui pesan singkatnya ke MNC Portal Indonesia.

Baca juga: Dihujani Abu Vulkanik, Begini Kondisi Warga Sekitar Lereng Gunung Semeru

Di sisi lain Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Lumajang Wawan Hadi menyatakan belum ada peningkatan status dari gunung tertinggi di Pulau Jawa hingga Sabtu malam ini. "Status masih waspada level 2. (Untuk lebih lanjutnya) kami menunggu perkembangan dari PVMBG," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran berwarna hitam pekat ke udara. Luncuran awan panas ini terekam kamera ponsel milik warga dan viral beredar di media sosial.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini