Arti Cumlaude dan Nilai Sangat Memuaskan dalam Kelulusan Perguruan Tinggi

Iffa Naila Safira, Okezone · Sabtu 16 Januari 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 65 2345606 arti-cumlaude-dan-nilai-sangat-memuaskan-dalam-kelulusan-perguruan-tinggi-1E09lY286y.jpg Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Di akhir semester, mahasiswa akan mendapatkan predikat kelulusan. Biasa dikenal saat masa sekolah sebagai rapot. Terdapat 3 predikat kelulusan, Cumlaude, Sangat Memuaskan, dan Memuaskan. Apa arti dan bedanya?

Setelah memenuhi seluruh persyaratan untuk menyelesaikan program sarjana, maka mahasiswa akan mendapat gelar sesuai dengan program studi yang dipilih. Juga saat dinyatakan lulus, akan diberi predikat kelulusan.

Baca Juga: Musim Salju Capai Titik Beku, Siswa Amerika Belajar di Outdoor

Dikutip dari buku berjudul "Lulus SMA Kuliah Dimana? Panduan Memilih Program Studi" Sabtu (16/1/2021), yang ditulis oleh Agung Bawantara, berikut penjelasan tentang predikat kelulusan.

a. Dengan Pujian (Cumlaude), apabila IP kumulatif 3,51-4,00 dan masa studi yang dijalani maksimum sesuai semester terpogram ditambah dua semester.

b. Sangat Memuaskan, apabila IP kumulatif minimal 2,76 - 3,50

c. Memuaskan, apabila IP kumulatif minimal 2,00 - 2,75

Baca Juga: Mahasiswa Unmul Sukses Buat 12 Video IPS, Belajar Jadi Lebih Asyik

Itulah mengapa banyak mahasiswa yang tidak ingin selesai diluar waktu yang ditentukan, selain mempengaruhi predikat kelulusan juga faktor sosial.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini