Pertama Kali dalam Sejarah, CIA Bongkar Semua Arsip Rahasianya Tentang UFO

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 18 Januari 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 18 2346208 pertama-kali-dalam-sejarah-cia-bongkar-semua-arsip-rahasianya-tentang-ufo-wUZY6yw7is.jpg Foto: Twitter/@blackvaultcom.

KUMPULAN dokumen berisi catatan rahasia yang disimpan oleh CIA sehubungan dengan aktivitas UFO yang dilaporkan akhirnya terungkap.

Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA) mengklaim “harta karun” yang dirilis itu berisi "seluruh" arsip dokumentasi tentang Benda Terbang Tak Dikenal (Unidentified Flying Object/UFO) atau yang sekarang disebut sebagai "Fenomena Udara Tak Teridentifikasi" (Unidentified Aerial Phenomena/UAP). “Harta karun” itu terdiri dari ratusan catatan yang sebelumnya sangat rahasia yang berusia lebih dari setengah abad.

BACA JUGA: Pentagon Rilis Rekaman Pertemuan Pilot AS dengan UFO

Perilisan data yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menarik ini terjadi berkat upaya yang telah lama dilakukan oleh situs jejaring intelijen The Black Vault, yang telah mencari dan berbagi dokumentasi pemerintah yang tidak diklasifikasikan tentang UFO (di antara banyak hal lainnya) sejak pertengahan 1990-an.

Menurut pendiri situs tersebut, John Greenewald Jr., sejak 1996 The Black Vault telah berjuang untuk merilis rekaman UFO, yang mulai muncul pada 1980-an. The Black Vault meminta pengungkapan tersebut menurut Undang-undang Kebebasan Informasi (Freedom of Information Act/FOIA ).

ini adalah pertama kalinya arsip lengkap catatan UFO CIA telah dirilis secara publik, termasuk banyak informasi yang belum pernah dilihat sebelumnya, demikian dilansir Science Alert.

BACA JUGA: Apa Itu UFO?

Namun, Greenewald mengatakan bahwa tidak ada cara mudah untuk memverifikasi secara faktual apakah arsip yang diterima dari CIA benar-benar keseluruhan, atau apakah Pemerintah AS masih memegang catatan rahasia tentang UFO / UAP yang belum diketahui.

Bagaimanapun, koleksi 2.780 halaman yang sekarang tersedia di situs web The Black Vault mewakili kemenangan signifikan bagi kebebasan informasi tentang subjek misterius tersebut, selain menjadi keberhasilan pribadi bagi.

Di antara arsip-arsip tersebut terdapat ratusan catatan yang berasal dari pertengahan abad ke-20 sekarang dapat dibaca, baik melalui PDF individu, atau file ZIP raksasa. Tidak semua informasi itu bisa dibaca dengan mudah dan banyak detail yang disunting atau tidak terlihat karena kualitas pemindaian atau fotokopi yang buruk.

Namun, dari arsip tersebut, tidak ada bukti bahwa Pemerintah AS telah menyembunyikan informasi tentang makhluk asing yang mengunjungi bumi.

Konon, ratusan laporan baru ini menawarkan bacaan memukau yang tak terhitung jumlahnya dari episode aneh dan tak dapat dijelaskan, dan memberikan kontribusi besar pada catatan sejarah penampakan UFO dan bagaimana mereka ditangani oleh orang-orang di komunitas intelijen.

Bagi Greenewald, itu semua adalah bagian dari pekerjaan, tugas penting untuk mendapatkan kebenaran, tidak peduli betapa anehnya itu.

"Jelas dan sederhana, publik berhak tahu!," kata Greenewald kepada Motherboard. "Saya merasa saya mencapai apa yang ingin saya lakukan. Akses mudah, ke materi penting, bagi orang untuk mengambil keputusan sendiri tentang apa yang sedang terjadi."

UFO atau UAP, atau yang juga disebut sebagai Kendaraan Udara yang Ganjil (Anomalous Aerial Vehicle/AAV) tidak dengan sendirinya identik dengan bentuk kehidupan makhluk luar angkasa, meski kedua kata ini sering dihubungkan. UFO pada dasarnya adalah benda terbang yang tidak dapat diidentifikasi, tidak lebih dan tidak kurang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini