Pesta Ulang Tahun Kucing Munculkan Klaster Virus Corona, 15 Orang Terinfeksi COVID-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 18 Januari 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 18 2346379 pesta-ulang-tahun-kucing-munculkan-klaster-virus-corona-15-orang-terinfeksi-covid-19-o4okrQss4Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SANTIAGO - Sebuah pesta untuk merayakan ulang tahun seekor kucing di Chile telah memunculkan klaster local COVID-19, dengan 15 orang terinfeksi virus corona, demikian dikukuhkan seorang pejabat kesehatan. Kucing yang ulang tahunnya dirayakan itu diketahui baik-baik saja.

Insiden aneh itu dikonfirmasi oleh Francisco Alvarez, seorang pejabat Kementerian Kesehatan untuk wilayah Valparaiso di Chile. Berbicara kepada Radio Bio-Bio pada Sabtu (16/1/2021), Alvarez mengatakan bahwa wabah virus corona di kota pantai kecil Santo Domingo, yang diberitakan oleh media lokal beberapa waktu lalu, memang dipicu oleh pesta ulang tahun yang diadakan untuk seekor kucing.

BACA JUGA: Ilmuwan yang Dijuluki "Pasien Nol" Covid-19 Terus Diburu

"Meskipun kedengarannya sulit dipercaya dan hampir fiksi, hal-hal ini terjadi di negara kami," kata Alvarez sebagaimana dilansir RT.

Pejabat kesehatan meragukan ulang tahun kucing itu adalah motif sebenarnya di balik pertemuan itu. DIa curiga ada maksud lain dari pertemuan tersebut, tetapi orang-orang yang menghadiri pesta tersebut bersikeras itulah alasan yang sebenarnya.

"Ketika saya tahu tentang ini, saya berkata... itu lelucon. Mungkin mereka mengatakan itu untuk menyembunyikan hal lain, tapi memang begitu," tambah pejabat itu.

BACA JUGA: India Mulai Vaksinasi Covid-19

Secara keseluruhan, ulang tahun kucing menghasilkan klaster 15 pengidap virus corona, yang cukup besar untuk kota berpenduduk kurang dari 10.000 orang. Kucing itu rupanya satu-satunya makhluk yang tidak sakit setelah pesta, kata Alvarez.

"Kucing itu tidak pernah tertular virus, tetapi pemiliknya mengidapnya," katanya, tanpa mengungkapkan apakah wabah tersebut mengakibatkan kematian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini