ITS Tetapkan Kuota SNMPTN 20% dan SBMPTN 30%, Sisanya?

Rabu 20 Januari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 65 2347089 its-tetapkan-kuota-snmptn-20-dan-sbmptn-30-sisanya-qh8Nlv9yNU.jpg Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. (Foto: ITS)

JAKARTA - Masa penerimaan mahasiswa baru (maba) bagi perguruan tinggi di Indonesia sudah dimulai. Informasi mengenai program serta jalur penerimaannya pun harus diketahui oleh para calon maba serta pihak sekolah.

Untuk itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai melakukan sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2021. Direktur Pendidikan ITS Dr Siti Machmudah ST MEng menjelaskan, untuk tahun 2021 jalur penerimaan mahasiswa baru di ITS masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Penerimaan mahasiswa baru bisa melewati jalur SNMPTN, SBMPTN, dan juga Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). “Di ITS, untuk SNMPTN kami memberi kuota 20 persen, untuk SBMPTN ada 30 persen dan sisanya untuk SKM,” ujarnya, dalam keterangan dikutip dari laman ITS, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: SNMPTN 2021, Berminat Daftar IPB University? Wajib Punya Ini

Untuk SNMPTN, lanjutnya, ITS akan menilai berdasarkan indeks sekolah yang mempertimbangkan akreditasi sekolah, alumni yang diterima SNMPTN di perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia, dan alumni yang diterima SBMPTN di PTN di Indonesia. Setelah itu, siswa akan dibandingkan dengan siswa lain pada sekolah tersebut yang mendaftar di ITS.

“Perbandingan ini diutamakan pada nilai rapor, kemudian didukung dengan sertifikat yang disertakan seperti kejuaraan olimpiade sains, olahraga, karya ilmiah, seni, hafiz, dan ketua OSIS,” jelas Machmudah.

Selanjutnya, untuk SBMPTN penilaian masih sama seperti tahun lalu dengan menggunakan skor dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini