Utuber, Sereal Umbi Suweg Racikan 3 Sekawan Unair

Vitrianda Hilba Siregar, · Rabu 20 Januari 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 65 2347638 utuber-sereal-umbi-suweg-racikan-3-sekawan-unair-vYBh7TKfY8.jpg Sereal suweg tuber beserta komposisi kandungannya. (Foto:Unair)

JAKARTA - Tiga sekawan dari Universitas Airlangga (Unair) berhasil menciptakan sereal dari umbi suweg, sebagai pengganti gandum.

Ketiga sekawan itu adalah Tim mahasiswa Unair  yang diketuai Reza Istiqomatul Hidayah (mahasiswa Akuakultur 2017); bersama Alfiansyah Rizky Ergion (mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan 2018 Fakultas Perikanan dan Kelautan); dan Sri Nor Reni (mahasiswa Akuntansi 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis) mengusung solusi pemanfaatan dan mengolah Umbi Suweg menjadi sereal.

Alif dan rekan-rekannya membawakan solusi tersebut melalui esai berjudul “Suweg Tuber (Utuber): Optimalisasi Potensi Pangan Lokal di Kabupaten Tuban dalam Menghadapi Persaingan Global guna Menyongsong Keberhasilan IEGS 2045”. Esai itu mengantar mereka meraih juara I dan meraih Best Presentation di Bidikmisi National Essay Competition 2020.

Baca Juga: Ingin Tahu Strategi Sukses Masuk UNS, Simak Ulasan Berikut ini

Alif mengungkapkan, ide memanfaatkan Umbi Suweg terbesit Reni, mahasiswa kelahiran Tuban. Di kota asal Reni, Umbi Suweg tidak begitu dilirik, bahkan sebagian masyarakat Tuban tidak mengenalinya.

“Karena tema lombanya adalah Optimalisasi Peran Mahasiswa Bidikmisi dalam Persaingan Global Untuk Menyongsong Indonesia Emas 20145. Dari situlah kami mengangkat potensi lokal, Umbi Suweg, untuk bersaing di kancah global dan menyukseskan gerakan Indonesia Emas,” sebut Alif, seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (20/1/2021).

Sampai sekarang potensi lokal di Indonesia belum diolah secara optimal oleh masyarakat. Dibutuhkan peran mahasiswa dalam membantu masyarakat mengoptimalkan potensi yang berpeluang untuk memajukan ekonomi masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini