Bawa Kabur Jenazah Ayah dari Karantina Covid-19 RS, Empat Kakak Beradik Ditangkap

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 22 Januari 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 18 2349082 bawa-kabur-jenazah-ayah-dari-karantina-covid-19-rs-empat-kakak-beradik-ditangkap-LuRQ5x6feJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KUALA LUMPUR – Polisi Malaysia menangkap empat kakak beradik saudara kandung yang membawa kabur jenazah ayah mereka yang diduga positif Covid-19 dari sebuah rumah sakit di Lahad Datu, Sabah, Malaysia.

Insiden itu terjadi pada Kamis (21/1/2021) malam saat petugas rumah sakit menerima seorang pria tak sadarkan diri yang kemudian diisolasi di bawah tenda Pasien dalam Pengawasan (Person Under Superveillance/PUI).

BACA JUGA: PM Mongolia Mundur karena Skandal Perlakuan Ibu Pasien Covid-19 di Rumah Sakit

Ketika pasien berusia 58 tahun berada di dalam tenda, dia diberikan CPR (pernafasan buatan) selama sekitar 30 menit sebelum dinyatakan meninggal oleh petugas medis.

Kapolres Lahad Datu, Asisten Komisaris Rohan Shah Ahmad mengatakan kepada Astro Awani bahwa petugas medis tersebut menjelaskan prosedur manajemen pemakaman selama krisis Covid-19 kepada ahli waris dan perlunya tes skrining Covid-19 pada almarhum untuk mencegah infeksi.

Namun, anak pasien tersebut menolak untuk meninggalkan ayahnya yang memiliki riwayat penyakit otak dan stroke. Sebaliknya, mereka memilih untuk membawa jenazah ayah mereka kembali ke rumah.

BACA JUGA: Ayah Muda Ini "Banjir" Pujian Sholat Jumat Sambil Gendong Anak

Berdasarkan informasi yang mereka terima dan penyelidikan lebih lanjut, polisi berhasil menangkap para tersangka sekitar pukul 23.30 di hari yang sama. Saudara kandung, berusia antara 26 dan 31 tahun, terdiri dari satu wanita dan tiga pria.

Kasus ini sedang diselidiki berdasarkan Undang-Undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Malaysia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini