Universitas Muhammadiyah Maluku, Gubernur Murad Harap Lahir SDM Kemaritiman

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 22 Januari 2021 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 65 2348825 universitas-muhammadiyah-maluku-gubernur-murad-harap-lahir-sdm-kemaritiman-KUvHVcC91e.jpg Peresmian Kampus Muhammadiyah Maluku Oleh Gubernur Maluku Murad Ismail. (Foto: Antara)

JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Maluku (Unimma) resmi berdiri di Maluku. Dibangunnya Unima ini berkenaan dengan diterbitkannya SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1189/M/2020.

“Lahirnya Unimma menjadi harapan baru bagi kami, sebagai wujud perkembangan Muhammadiyah di wilayah seribu pulau ini,” ujar Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadyah Maluku Drs Abd Haji Latua S, seperti dikutip dari Twitter, Jumat (22/1/2021).

Dia berharap dengan berdirinya Unimma, dapat segera berlari dan mengejar Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah se-Indonesia lainnya. Serta dapat maju dan menjadi kampus yang inklusif sesuai dengan kondisi masyarakat Ambon yang multikultural dan multiagama.

Sementara Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti menyatakan terus mendukung Unimma. "InsyaAllah Majelis Diktiltibang akan selalu siap untuk mendampingi,” ujarnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail berharap kehadiran Universitas Muhammadiyah Maluku (Unimma) dapat menjadi sebuah perguruan tinggi yang mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan handal khususnya di bidang kemaritiman.

"Saya berharap UNIMMA dapat bergandengan tangan dengan perguruan tinggi lainnya di Maluku, untuk melahirkan SDM berkualitas di bidang kemaritiman yang menjadi kekayaan utama daerah ini," kata Gubernur Murad di Kampus Unimma, Ambon.

Kehadiran perguruan tinggi yang dibentuk Pengurus Pusat Muhammadiyah tersebut, menurutnya, harus memberikan penguatan kepada perguruan tinggi lainnya di Maluku, sehingga SDM yang dihasilkan dapat semakin berkualitas dan handal dalam menjawab tuntutan pembangunan di masa mendatang.

"Kehadiran Unimma akan berdampak pendidikan di Maluku akan lebih berkualitas, karena masing-masing universitas akan membangun model mutunya sendiri, sebagai keunggulan yang mencirikan perguruan tinggi dimaksud, sehingga terjadi kompetisi yang sehat dalam melahirkan SDM Maluku berkualitas dan berdaya saing," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini