2 Pesan Mendikbud Nadiem soal Persiapan Masa Depan

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 25 Januari 2021 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 65 2350630 2-pesan-mendikbud-nadiem-soal-persiapan-masa-depan-bMIEWuQbtu.jpg Mendikbud Nadiem Makariem. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA - Pekerjaan saat ini, mungkin tidak pernah terprediksi pada masa lalu. Perkembangan dan perubahan zaman itu terjadi lantaran adanya teknologi. Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pun berpesan kepada siswa untuk bisa beradaptasi dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Mendikbud mengatakan, sebagai akibat perkembangan teknologi digital saat ini tumbuh profesi baru yang tidak terbayangkan 5-10 tahun sebelumnya. Dia mencontohkan, profesi seperti youtuber, influencer, content creator, big data analisis, media data spesialis dan juga AI spesialis.

"Oleh karena itu, adaptasi dan adopsi teknologi serta literasi digital sudah menjadi keharusan yang perlu dikuasai oleh generasi masa sekarang. Khususnya anak vokasi zaman now," kata Mendikbud pada webinar Anak Vokasi Zaman Now, Senin (25/1/2021).

Mantan petinggi Gojek ini menuturkan, profesi-profesi baru ke depannya akan tumbuh terus dan begitu pula sebaliknya ada profesi yang juga tidak lagi dibutuhkan. Menurut dia, krisis global akibat pandemi Covid-19 inipun akan memperkuat berbagai ketidakpastian lainnya.

Oleh karena itu, ujarnya, jadilah pembelajar sepanjang hayat. Menurutnya, anak vokasi zaman now pun harus belajar untuk mencintai belajar dan mengembangkan kemampuan diri.

Dia menuturkan, ragam pendidikan vokasi baik SMK, pendidikan tinggi dan pendidikan non formal memungkinkan generasi muda zaman now untuk menekuni keahlian dan keterampilan spesifik yang sesuai dengan minat dan bakat.

Berikut Pesan Nadiem

1. Kenalilah diri dan bakat

2. Temukan apa passion sehingga mampu melakukan dan memberikan sesuatu yang terbaik.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini