Kuliah di Fakultas Biologi Prospek Kerjanya Seperti Apa?

Iffa Naila Safira, Okezone · Rabu 27 Januari 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 65 2351263 kuliah-di-fakultas-biologi-prospek-kerjanya-seperti-apa-vpaaWThRAS.jpg Ilustrasi Kuliah Jurusan Biologi. (Foto: Freepik)

 JAKARTA – Memilih jurusan kuliah tidaklah mudah. Harus dipikirkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bagi siswa yang tertarik kuliah di Fakultas Biologi, perlu mengentahui gambaran ke depannya dan apa saja yang dipelajari semasa pendidikan. Dikutip dari buku berjudul "Lulus SMA Kuliah Dimana? Panduan Memilih Program Studi" Rabu (27/1/2021), yang ditulis oleh Agung Bawantara, berikut penjelasan tentang jurusan biologi.

Baca Juga : Ahli Biologi Ungkap Kekuatan Pikiran Bisa Ubah Kehidupan Seseorang

Fakultas Biologi menguasai ilmu-ilmu dasar tentang makhluk hidup (tumbuhan, binatang, manusia dan organisme). Ilmu ini bermanfaat bagi kesejahteraan sesama terutama dalam pengembangan bahan makanan, penemuan obat-obatan, dan pelestarian lingkungan.

Ilmu yang akan dipelajari di jurusan Biologi antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Biologi Umum, Biokimia, Biologi Molekuler, Bioteknologi, Mikrobiologi, Genetika, Enzimmologi, Fisiologi, Ekologi, Evolusi, Bio-ekonomi, Instrumentasi, Statistik, dan Manajemen.

Baca juga : Belajar Biologi Itu Banyak Gunanya

Prospek yang didapat selepas kuliah bisa bekerja sebagai akademisi, peneliti (LIPI, BPPT, BKKBN, Batan, Biotrop, Bappeda, Lembaga Biologi Nasional). Selain itu juga berpeluang bekerja di industri farmasi, industri makanan/minuman, insutri kosmetik, dan agroindustri (pertanian, peternakan, dan kelautan).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini