Beijing Larang BBC World News Tayang di China

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 12 Februari 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 18 2360912 beijing-larang-bbc-world-news-tayang-di-china-CJdgDwzok8.jpg Foto: Reuters.

BEIJING - Saluran televisi Inggris BBC World News pada Jumat (12/2/2021) dilarang mengudara di China. Ini terjadi sepekan setelah regulator media Inggris mencabut lisensi televisi pemerintah China untuk siaran di Inggris Raya.

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan bahwa penyelidikan menemukan laporan BBC World News terkait China telah "secara serius melanggar" peraturan, termasuk bahwa berita harus "jujur dan adil". Berita BBC disebut telah merugikan kepentingan nasional negara dan merusak persatuan nasional China.

BACA JUGA: China Tahan Pembawa Acara Televisi Terkemuka Asal Australia

Oleh karena itu, saluran tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk saluran asing yang melakukan siaran di China dan permohonannya untuk mengudara selama satu tahun lagi tidak akan diterima, tambah badan itu.

BBC World News berbahasa Inggris tidak termasuk dalam sebagian besar paket saluran TV di Cina, tetapi tersedia di beberapa hotel dan tempat tinggal.

Dua jurnalis Reuters di China mengatakan saluran itu menjadi kosong di layar mereka.

Tindakan China itu dikecam oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, sementara BBC mengatakan "kecewa".

“Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan adalah pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima,” kata Raab sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Kesaksian Eks Tahanan: Wanita Uighur Diperkosa Secara Sistemik di Kamp Xinjiang

“China memiliki beberapa pembatasan paling parah atas kebebasan media dan internet di seluruh dunia, dan langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia.”

Awal bulan ini BBC melaporkan tentang pemerkosaan sistematis dan pelecehan seksual terhadap wanita di kamp-kamp interniran untuk etnis Uighur dan Muslim lainnya di wilayah Xinjiang China dan mengatakan pasti ada konsekuensi serius atas kekejaman di sana.

China menyangkal tuduhan pelanggaran di Xinjiang dan mengatakan laporan BBC "sepenuhnya tanpa dasar faktual".

Dalam sebuah pernyataan, BBC mengungkapkan kekecewaannya terhadap Pemerintah China.

"BBC adalah penyiar berita internasional paling tepercaya di dunia dan melaporkan berita dari seluruh dunia secara adil, tidak memihak, dan tanpa rasa takut atau dukungan," kata BBC.

Pada 4 Februari, regulator media Inggris, Ofcom, mencabut lisensi China Global Television Network (CGTN) untuk siaran di Inggris Raya setelah penyelidikan menemukan bahwa lisensi tersebut dipegang secara tidak sah oleh Star China Media Ltd.

China mengkritik keputusan itu karena dipolitisasi dan memperingatkan bahwa itu berhak untuk membuat "tanggapan yang diperlukan".



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini