Ini Panduan untuk Pendaftaran SNMPTN 2021

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 15 Februari 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 65 2362250 ini-panduan-untuk-pendaftaran-snmptn-2021-EkVF1lGeOb.jpg Panduan pendaftaran SNMPTN 2021. (Foto:Freepik)

JAKARTA- Panduan untuk pendaftaran SNMPTN 2021 sangat dinantikan calon mahasiwa.  Terdapat beberapa tahapan yang harus diisikan oleh siswa. Para pejuang SNMPTN bisa membaca dulu panduan pendaftaran SNMPTN 2021 dibawah ini agar berhasil mendaftar di jalur bergengsi ini.

Dikutip dari instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di @ltmptofficial, tahapan pertama pendaftaran SNMPTN adalah Login Siswa. Tahapan ini siswa disilahkan masuk ke halaman awal login portal LTMPT. Kemudian masukkan email dan password.

Pastikan anda adalah siswa eligible yang dinyatakan oleh sekolah, memiliki akun LTMPT yang sudah permanen dan memiliki nilai lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Dimulai Senin 15 Februari

Tahap 2, Kelengkapan Data Orang Tua pada Halaman Profil. Pada tahap ini, halaman profil berisi informasi biodata siswa yang telah diambil dari data yang telah diisikan di portal. Dan tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Siswa hanya perlu mengisi kolom Kelengkapan Data Orang Tua yang terdiri atas Penghasilan Orang Tua serta Jumlah Tanggungan Orang Tua. Setelah selesai mengisi kelengkapan Data Orang Tua tekan tombol Simpan. Setelah muncul keterangan Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data, lanjutkan ke halaman Pilihan.

Tahap 3, Mengisi Pilihan Prodi pada Halaman Pilihan. Siswa bisa memilih salah satu PTN/Politeknik negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan. Setelah itu akan muncul Daftar Prodi. Jika memilih 2 prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK asalnya.

Jika memilih 1 prodi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun. Dan disarankan tidak lintas minat (tergantung PTN yang dituju. Pada pilihan prodi terdapat kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen Portofolio.

Baca Juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini Pukul 15.00 WIB

Lalu Pilih Simpan dan jika berhasil akan muncul Notifikasi berhasil Menyimpan Pilihan, Silakan Mengisi Portofolio/Prestasi.

Tahap 4, Mengisi Portofolio. Beberapa prodi misalnya Kesenian mensyaratkan untuk mengisikan portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan portofolio maka halaman Portofolio akan kosong. Untuk melihat instruksi kebutuhan portofolio silakan dan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi di laman ltmpt.

Untuk mengisi portofolio pilih Choose File kemudian tekan tombol Simpan. Unduh PPT yang digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah diuplod. Penyimpanan berhasil jika muncul notifikasi Berhasil Mengunggah File xxx.pptx. Jika sudah upload portofolio tetapi sebelum finalisasi ada penggantian pilihan prodi yang tidak mensyaratkan adanya isian portofolio maka isian portofolio sebelumnya akan terhapus.

Tahapan 5, Mengunggah Prestasi. Isian prestasi bersifat tidak wajib diisikan. Jika memang tidak memiliki prestasi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada pilihan maka halaman ini bisa dikosongkan. Prestasi yang bisa diisikan di halaman ini maksimal 3 dan pilih Bidang dan Tingkat Prestasi yang harus diisi di halaman itu.

Lalu upload Bukti Prestasi dengan menekan Choose File, pilih file format jpg/pdf dengan ukuran maksimal 2 MB. Setelah selesai tekan tombol Simpan dan akan muncul notifikasi Berhasil Mengunggah file.

Tahap 6, Melakukan Finalisasi. Finalisasi data dilakukan jika sudah yakin semua isian sudah benar. Sebab jika sudah finalisasi maka seluruh isian data tidak bisa diubah lagi dan finalisasi tidak dapat dibatalkan.

Jika sudah yakin, beri tanda ceklist pada pernyataaan Saya Setuju untuk Finalisasi pada kotak merah kemudian pilih Finalisasi. Lalu akan muncul pop-up persetujuan dan pilih Finalisasi.

Tahap 7, Mengunduh Kartu Registrasi. Kartu registrasi yang diunduh adalah kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN. Kartu registrasi berada di halaman yang sama dengan finalisasi. Pengunduhan kartu bisa berhasil jika sudah melakukan finalisasi. Setelah unduh kartu registrasi maka tahapan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai. (vitri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini