Share

Serang Sekolah, KKB Culik 42 Orang dan Bunuh 1 Siswa

INews.id, · Kamis 18 Februari 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 18 2363965 serang-sekolah-kkb-culik-42-orang-dan-bunuh-1-siswa-U9NZzlbv3T.jpg Suasana pemakaman Monday Doma, siswa yang menjadi korban penembakan KKB Nigeria (Foto: Reuters)

ABUJA Kelompok kriminal bersenjata (KKB) membunuh seorang siswa dalam serangan di sebuah sekolah di Negara Bagian Niger, Nigeria, Rabu 17 Februari 2021. Para penjahat itu menculik 42 orang termasuk 27 siswa. 

Para penyerang menyerbu Sekolah Menengah Sains Pemerintah di Distrik Kagara, sekitar pukul 02.00 dini hari. Serangan itu membuat petugas keamanan sekolah kewalahan.

“Sebanyak 27 siswa, tiga staf, dan 12 anggota keluarga mereka diculik. Sayangnya, seorang siswa ditembak mati,” kata Gubernur Niger, Abubakar Sani Bello, dalam jumpa pers, dikutip Reuters, Kamis (18/2/2021) WIB.

Baca Juga:  Pimpinan Geng Kriminal Penculik Ratusan Siswa di Nigeria Menyerah

Salah satu guru di sekolah itu, Aliyu Isa, mengatakan kepada stasiun berita TV lokal, Channels, bahwa para penculik berpakaian seragam layaknya tentara. Mereka mulai menembak begitu masuk ke lingkungan sekolah.

“Mereka menyuruh para siswa agar tidak lari,” ungkap Isa.

Laki-laki itu menuturkan, dia dan beberapa warga lainnya di sekolah itu melarikan diri dalam kondisi panik. Sementara para anggota KKB mulai mengumpulkan beberapa siswa.

Belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas penyerangan dan penculikan di sekolah itu. Namun, peristiwa penculikan dengan motif meminta uang tebusan oleh KKB sudah sering terjadi di banyak negara bagian di Nigeria, terutama di wilayah utara negara Afrika itu.

Baca Juga:  Pria Bersenjata Culik 8 Anak dari Panti Asuhan Minta Tebusan Rp368 Juta

Dua bulan lalu, KKB juga menyerbu sekolah menengah di Negara Bagian Katsina yang terletak di barat laut Nigeria. Mereka menculik hampir 350 anak laki-laki, yang kemudian diselamatkan oleh pasukan keamanan Nigeria.

Kelompok HAM Amnesty International menyatakan, pihak berwenang Nigeria harus segera bertindak untuk mencegah serangan terhadap sekolah-sekolah. “Ini untuk melindungi kehidupan anak-anak dan hak mereka atas pendidikan,” ungkap kelompok itu.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini