Perdana Menteri Georgia Mengundurkan Diri Terkait Rencana Tangkap Pemimpin Oposisi

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 18 2364314 perdana-menteri-georgia-mengundurkan-diri-terkait-rencana-tangkap-pemimpin-oposisi-W0XVeh5sdk.jpg Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia. (Foto: Reuters)

TBLISI - Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (18/2/2021), karena krisis politik berlanjut di negara itu setelah pemilihan parlemen Oktober.

Dalam sebuah pernyataan Gakharia mengatakan bahwa dia mengundurkan diri karena ketidaksepakatan di dalam timnya sendiri mengenai pelaksanaan perintah penangkapan untuk Nika Melia, ketua oposisi politik utama Georgia, Gerakan Nasional Bersatu (UNM).

BACA JUGA: Ketagihan, Istri Jutawan Ini Punya 11 Anak dan Berencana Tambah Puluhan Lagi

"Sayangnya saya tidak dapat mencapai konsensus dengan tim saya mengenai masalah ini, jadi saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri," kata Gakharia dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters. Gakharia menambahkan bahwa dia berharap langkah tersebut akan "mengurangi" polarisasi politik di Georgia.

Gakharia mengatakan ketidaksepakatan dalam pemerintahannya akan "menimbulkan risiko bagi kesehatan dan kehidupan warga kami dan meningkatkan polarisasi politik di negara itu."

BACA JUGA: Serbu Bank, Pria Bersenjata Sandera Puluhan Orang, Minta Tebusan Rp7,3 Miliar

Melia diperintahkan untuk ditempatkan dalam penahanan pra-sidang Rabu (17/2/2021) malam setelah pengadilan Tbilisi menolak jaminan untuk 41 tahun yang dituduh mengorganisir "kekerasan massal" selama protes anti-pemerintah 2019.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini