Texas Dilanda Badai Musim Dingin, Penduduk Selamatkan Ribuan Penyu

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 18 2364435 texas-dilanda-badai-musim-dingin-penduduk-selamatkan-ribuan-penyu-C3UV74TsBX.jpg Ribuan penyu diselamatkan di Pulau Padre Selatan, Texas, Amerika Serikat, 17 Februari 2021. (Foto: Reuters)

HOUSTON - Penduduk Texas, Amerika Serikat (AS) telah menyelamatkan ribuan penyu dari pantai Pulau Padre Selatan, saat badai musim dingin besar yang melanda wilayah itu memasuki hari keenam.

Jutaan orang di Texas telah dibiarkan tanpa panas selama berhari-hari karena kekurangan listrik dalam cuaca yang membekukan. Namun, semua masalah itu tidak menghentikan beberapa orang melakukan upaya penyelamatan penyu.

Relawan dilaporkan telah membawa lebih dari 3.500 penyu ke pusat konvensi untuk berlindung sampai suhu air kembali naik.

BACA JUGA: Setidaknya 21 Orang Tewas Akibat Suhu Dingin dan Pemadaman Listrik di AS

Dalam video yang direkam oleh Ed Caum, direktur eksekutif Biro Pengunjung dan Konvensi Pulau Padre Selatan, penyu menutupi lantai tengah saat relawan membawa lebih banyak penyu.

"Hari Ketiga Operasi Menyelamatkan Penyu masih berlangsung. Listrik dan air telah dikembalikan ke Pusat Konvensi Pulau Padre Selatan. Relawan diharapkan mulai tiba sebentar lagi," kata Caum dalam sebuah posting di Facebook.

Caum mengatakan penyu-penyu itu mengalami kejutan karena hawa dingin karena mereka mengalami reaksi hipotermia, yang menghalangi pergerakan mereka ketika suhu di lingkungan mereka turun.

"Kami telah membawa mereka ke pusat konvensi untuk mendapatkan suhu inti mereka kembali," kata Caum dalam salah satu videonya.

“Kita sudah mengumpulkan banyak, sekarang kita coba selamatkan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Badai Dahsyat Padamkan Listrik di AS, Jutaan Orang Terperangkap Suhu Dingin

Caum mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia tidak yakin kapan penyu bisa kembali ke air saat badai musim dingin berlanjut, menjelaskan bahwa suhu air harus naik di atas 15 derajat Celcius.

Wendy Knight, direktur eksekutif pusat penelitian dan konservasi Sea Turtle Inc, mengatakan bahwa biasanya hanya beberapa ratus penyu yang berakhir di pantai di Texas selatan pada musim dingin.

"Ini peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Knight kepada kantor berita Reuters.

Organisasi Knight telah mengalami melimpahnya penyu laut yang membutuhkan perlindungan selama beberapa hari terakhir, sehingga Pusat Konvensi Pulau Padre Selatan mulai membantu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini