Dua Wanita Muda Menyamar Jadi Nenek-Nenek Demi Divaksinasi Covid-19 Lebih Awal

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 19 Februari 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 18 2364912 dua-wanita-muda-menyamar-jadi-nenek-nenek-demi-divaksinasi-covid-19-lebih-awal-lop67R8fhM.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

ORLANDO – Karena keinginan yang sangat besar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, dua wanita di Amerika Serikat (AS) mengambil langkah ekstrem dengan menyamar sebagai orang tua agar mendapat giliran lebih awal untuk inokulasi. Penduduk berusia lanjut mendapat prioritas vaksin Covid-19 di AS.

Berdasarkan keterangan pejabat kesehatan yang dilansir Washington Post, kedua wanita, yang berusia kurang dari 45 tahun, mengenakan topi, sarung tangan dan kacamata untuk menyamarkan usia mereka dan tampil sebagai orang usia 65, batas usia untuk diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin virus corona di Florida.

BACA JUGA: Nenek 90 Tahun Jalan Kaki Hampir 10 Km Demi Vaksinasi Covid-19

Direktur Departemen Kesehatan Orange County, Orlando Raul Pino mengaitkan penipuan tersebut dengan meningkatnya minat pada vaksin Covid-19. Dia mencontohkan kedua wanita itu untuk menjelaskan betapa tingginya permintaan di daerah tersebut.

"Ini adalah komoditas terpanas yang ada di luar sana saat ini jadi kami harus sangat berhati-hati," kata Pino.

Penyamaran yang dilakukan kedua wanita itu mungkin telah berhasil sebelumnya. Keduanya memiliki kartu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang menunjukkan bahwa mereka telah menerima dosis pertama mereka. Pino mengatakan dia tidak tahu bagaimana mereka bisa divaksinasi sebelumnya, tetapi pada Rabu (17/2/2021), para pekerja di lokasi di Orange County Convention Center, lokasi vaksinasi, membongkar penyamaran tersebut.

Setelah staf di lokasi tersebut melihat perbedaan dengan ulang tahun mereka, yang tercantum di SIM mereka, para wanita, yang berusia 44 dan 34 tahun, dirujuk ke deputi, yang mengeluarkan peringatan masuk tanpa izin terhadap mereka, kata Kantor Sheriff Orange County.

BACA JUGA: Setidaknya 21 Orang Tewas Akibat Suhu Dingin dan Pemadaman Listrik di AS

Para wanita, yang tidak diidentifikasi oleh The Washington Post karena mereka belum dituntut, tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Kamis (18/2/2021) malam. Mereka tidak mendapatkan suntikan kedua, dan keamanan di lokasi ditingkatkan setelah insiden itu, kata Juru Bicara Departemen Kesehatan Kent Donahue.

Pino mengatakan ada "beberapa" kasus orang mencoba mengelabui petugas kesehatan agar divaksinasi, termasuk seorang pria yang memiliki nama yang sama dengan ayahnya yang sudah lanjut usia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini