Prospek Kuliah Teknik Informatika dan Lapangan Pekerjaanya

Dian Ayu Anggraini, Okezone · Sabtu 20 Februari 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 65 2365021 prospek-kuliah-teknik-informatika-dan-lapangan-pekerjaanya-QfrF3u1Uud.jpg Prospek Kuliah Teknik Informatika. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Teknik Informatika atau Information Technology (IT) adalah salah satu jurusan di universitas yang cukup banyak diminati. Jurusan ini mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Jurusan ini menjadi favorit karena memiliki banyak peluang atau prospek kerja teknik informatika. Ada banyak jenis profesi yang bisa ditekuni setelah mengelesaikan kuliah dari jurusan teknik informatika.

Baca Juga: 4 Jurusan Bisnis Paling Diminati Tahun 2020 dan 2021

Mengutip buku berjudul "Kuliah, Kerja, Kaya! " karya Radis Bastian dikutip Sabtu (20/2/2021), berikut ini beberapa peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa didapatkan setelah lulus.

1. Mobile Programmer

Pekerjaan yang paling tepat dan pantas untuk Iulusan teknik informatika adalah menjadi mobile programmer atau pemrograman mobile. Apa itu mobile programmer? Mobile programmer adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile.

Sesuai namanya, mobile programming adalah pemrograman yang diterapkan di mobile/handphone atau laptop. Dalam hal ini, lulusan Teknik informatika bisa menjadi mobile programmer untuk telepon wireless, tablet PC, smartphone, laptop, handphone, dan lain-lain.

2. Ahli Software Engineer

Selain mobile programmer, lulusan teknik informatika juga berpeluang besar untuk menjadi ahli software engineer. Tugas utama seorang software engineer adalah mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya sudah dibuat oleh programmer, agar lebih mudah digunakan oleh para penggunanya.

Baca Juga: Kuliah di Fakultas Biologi Prospek Kerjanya Seperti Apa?

Profesi ini hanya bisa digeluti oleh sarjana TI saja. Sebab, dalam mengembangkan sebuah software atau program, seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus di balik ilmu teknik informatika yang dikuasai.

Ini merupakan salah satu prospek terbaik bagi lulusan informatika. Menurut data Jobplanet, disebutkan bahwa gaji rata-rata pengembang aplikasi di level staf adalah Rp4,580.000,00 dan di level manajemen adalah Rp9.010.000,00.

3. Membuka Bisnis Jasa Konsultan IT

Peluang berikutnya untuk lulusan atau sarjana TI adalah menjadi konsultan IT. Profesi ini tentu sangat cocok bagi lulusan teknik informatika. Sebab, ahli IT adalah orang yang sangat paham dengan teori-teori teknologi, pemrograman, dan teknologi berbasis komputer.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan selama kuliah, lulusan TI bisa menggarap bisnis ini, yaitu menjadi konsultan IT. Tugas utama seorang konsultan adalah memberi masukan kepada orang yang membutuhkan. Begitu pula dengan konsultan IT, tugas utamanya adalah menjadi tempat berkonsultasi.

4. Bisnis Game Developer

Lulusan atau sarjana teknik informatika juga berpeluang menjadi game developer. Pekerjaan sebagai game developer memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama yang menguasai grafis. Tugas utama profesi ini adalah membuat dan mengembangkan game.

Tugas dari seorang game developer adalah menyediakan game-game sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Mengingat kebutuhan akan game yang begitu tinggi, maka prospek profesi game developer ini sangat cerah.

Mengenai gaji atau bayaran dari profesi ini tentunya lumayan besar. Berdasarkan analisis yang dilakukan Jobplanet, gaji rata-rata pengembang game di level staf adalah Rp3.205.000,0O dan di level manajer Rp6.505.000,00.

5. Bisnis Jasa Web Design atau Web Programmer

Bisnis ini menawarkan jasa pembuatan website. Bisnis ini cukup mudah dijalankan dan tidak memerlukan modal yang besar. Meskipun demikian, potensi penghasilan bisnis ini lumayan menggiurkan.

Sebagai sarjana TI, modal utama dalam menjalankan bisnis ini, yaitu berupa pengetahuan terkait dengan web design. Selain itu, modal lainnya adalah jaringan Internet, sebuah komputer atau laptop, dan sebuah domain.

Keuntungan dari bisnis ini sangatlab benar, yaitu hingga 80% dari omzet. Prospeknya pun sangat cerah, mengingat semalin banyak pelaku bisnis di bidang ini, baik individu maupun perusahaan yang ingin menjual dan memasarkan produknya via dunia maya.

6. Freelance Programmer

Programmer dengan sistem freelance adalah salah satu profesi yang banyak digeluti oleh para sarjana karena tidak menuntut untuk berada di kantor. Profesi ini juga bisa dijadikan sebagai sampingan, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Kini, seiring tingginya minat terhadap jurusan Tl dan kebutuhan dunia industri akan pekerja lulusan Tl, maka banyak dari mereka yang memilih menekuni profesi ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini