Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Coba Lakukan 3 Tips Berikut Ini

Dian Ayu Anggraini, Okezone · Minggu 21 Februari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 65 2365336 bingung-pilih-jurusan-kuliah-coba-lakukan-3-tips-berikut-ini-O0amCAqgi4.jpg Teliti dan jangan sampai keliru menentukan pilihan jurusan kuliah. (Foto:Freepik)

JAKARTA – Memilih jurusan pada perguruan tinggi menjadi tantangan tersendiri. Sebagian besar calon mahasiswa bingung ingin jurusan kuliah apa?

Memang, memilih jurusan kuliah bukan perkara mudah. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi saat memilih jurusan kuliah. Tidak hanya faktor minat, bakat, tapi juga faktor dari pengaruh orang tua, teman, bahkan diri sendiri.

Mengutip buku "Siap Kuliah" karya Stila Maanesh (Mahadevi Krishnaphari) pada Minggu (19/2/2021) ada tips yang dapat menjadi panduan menentukan jurusan kuliah.

Baca Juga: Lulus Ujian SNMPTN 2021, Ini Strategi Tambahan Perlu Diterapkan

1.Tanya sana - sini

Masih bingung sebenarnya bakat yang dimiliki itu apa? Ilmu alam, ilmu sosial, atau seni? Coba tanya pada orang terdekat, yang mungkin sudah mengenal dengan baik luar-dalam. Misalnya jika jago menghitung pembukuan waktu pelajaran Akuntansi, bisa jadi, bakat alami yang dimiliki ada di bidang akuntansi.

Baca Juga: Prospek Kuliah Teknik Informatika dan Lapangan Pekerjaanya

Langkah selanjutnya, cek nilai-nilai mata pelajaran akuntansi di ujian dan rapor. jika memang selalu bagus, tidak ada salahnya untuk, lebih mendalami lagi "bakat" di bidang itu? Bersikaplah fleksibel.

2.Flashback

Tips ini mungkin menjadi cara berikutnya yang bisa membantu dalam memilih jurusan kuliah. Coba ingat-ingat, pernah tidak dijadikan "sang master" saat sedang ujian mata pelajaran tertentu? Bisa jadi, di mata pelajaran tersebut adalah bidang yang cocok untuk memilih jurusan kuliah.

Nah, kalau ternyata pernah mengalaminya, mata pelajaran itu bisa jadi petunjuk ke mana bakat yang dimiliki sebenarnya. Namun, jika tidak pernah merasa mengalami hal itu, tetaplah mencari.

3.Childhood moments

Sekarang, coba sedikit lebih mundur jauh ke belakang. Waktu kecil dulu, pernahkah mempunyai obsesi atau cita-cita yang diharapkan dapat dijalani ketika dewasa?

Coba ingat profesi apa yang sering dipilih ketika bermain peran bersama teman-teman. Atau profesi apa yang paling sering di jawab ketika saudara bertanya tentang cita-cita.

Ini bisa menjadi acuan untuk menemukan apa minat yang dimiliki. Sehingga dapat menentukan jurusan kuliah sesuai dengan keinginan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini