DAK Fisik Sekolah 2021 Tembus Rp17,7 Triliun

Neneng Zubaidah, Koran SI · Jum'at 26 Februari 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 65 2368770 dak-fisik-sekolah-2021-tembus-rp17-7-triliun-8L4qJLZdGg.jpg Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. (Foto:Okezone)

JAKARTA - Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk sekolah pada tahun ini mencapai Rp17,7 triliun segera disalurkan. Dana ini nantinya untuk memenuhi ketuntasan kebutuhan sarana prasarana sekolah dan rehabilitasi.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pada tahun 2021 pemerintah menyediakan DAK Fisik untuk 31.695 satuan pendidikan di semua jenjang. Mulai dari Paud, SD, SMP, SMA, SMK dan juga SLB. Menurutnya, dana yang dialokasikan tahun ini mencapai Rp17,7 triliun.

Mendikbud menyampaikan, kebijakan yang ditetapkan pada penyaluran DAK Fisik tahun ini ialah anggarannya akan dipakai tidak hanya untuk membuat pagar atau bangun gedung atau ruang kelas saja. Melainkan untuk menuntaskan kebutuhan sarana prasarananya dan berbagai macam rehabilitasi sekolah yang dibutuhkan.

Baca Juga: Kisah Anak Petani yang Berhasil Jadi Sarjana Kedokteran

"Pemenuhan dilakukan secara holistik. Menyeluruh sesuai dengan kebutuhan sarana prasarana masing-masing sekolah. Dan harapannya adalah walaupun sasaran sekolah kita mengecil tetapi seluruh permasalahan sarana prasarana di sekolah itu tuntas dan selesai" katanya pada Sosialisasi Kebijakan BOS dan DAK Fisik 2021 secara daring, Kamis (25/2).

Dia menjelaskan, menu yang bisa digunakan untuk pemanfaatan DAK Fisik tidak hanya untuk rehab saja. Tetapi juga bisa untuk membangun ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang guru, toilet, ruang praktek, UKS, ruang ibadah dan ruang pembelajaran inklusi.

"Penyediaan sarana pendidikan juga meliputi untuk semua pengadaan alat laboratorium dan praktek utama dan media pembelajaran termasuk alat TIK," terang alumnus Harvard Business School ini. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini