Evakuasi 8 Bom Roket Aktif di Kebun Warga Ponorogo Berlangsung Dramatis

Ahmad Subekhi, iNews · Senin 01 Maret 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 340 2370259 evakuasi-8-bom-roket-aktif-di-kebun-warga-ponorogo-berlangsung-dramatis-PmwgzCGlLf.jpg Bom jenis roket ditemukan di kebun warga di Ponorogo.(Foto:iNews TV)

PONOROGO - Seorang petani bernama Suwito warga Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur, menemukan 8 bom jenis roket di kebun miliknya. Bom tersebut dari fisiknya masih bisa meledak atau masih aktif, dikhawatirkan bisa meledak.

Petugas Polres Ponorogo langsung memasang garis polisi di sekeliling kebun milik Suwito, selanjutnya mengevakuasi 8 bom roket yang tertimbun di tanah. Proses evakuasi berlangsung dramatis, karena terbatasnya peralatan dan dikhawatirkan bisa meledak.

Suwito pemilik kebun mengatakan, penemuan 8 bom jenis roket berawal saat dia memeriksa saluran air. Dia melihat ada besi, setetelah digali ternyata berbentuk roket.

Baca Juga: Mortir Aktif Ditemukan di Belakang Pendopo Lama Gubernur Banten

"Saya tidak tahu itu benda apa, mirip roket. Daripada terjadi yang tidak diinginkan, saya lapor pihak berwajib saja," ujar Suwito, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Gali Pondasi Bangunan, Tukang Batu Temukan Mortir Peninggalan Belanda

Sementara Kasat Sabhara Polrea Ponorogo, AKP Edi Suyono mengatakan, begitu mendapatkan laporan Suwito, TNI-Polri langsung mengamankan lokasi dan melakukan evakuasi 8 butir roket.

Bom tersebut panjangnya 40 cm, diamater 10 centi meter dan masih utuh alias bisa meledak. "Guna proses penyelidikan, jenis bom dan asalnya diamankan di Kodim Ponorogo. Polisi juga masih melakukan penyelidikan adanya roket lain di sekitar lokasi. Dugaan awal, senjata ini sisa perang gerilya Jenderal Sudirman, sebab kawasan ini rute gerilya," tutur Edi Suyono.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini