Ini Besaran Bantuan Kuota Internet Bakal Diterima Pelajar hingga Dosen

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 01 Maret 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 65 2370273 ini-besaran-bantuan-kuota-internet-bakal-diterima-pelajar-hingga-dosen-xduD7fkO4q.jpg Belajar online saat pandemi Covid-19. (Foto: Inews.id)

JAKARTA - Besaran bantuan kuota internet akan diterima pelajar, mahasiswa, guru dan dosen selama 3 bulan sejak Maret ini bervariatif.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, bantuan kuota akan diberikan kepada semua guru, dosen, pelajar dan mahasiswa. Tentunya bagi mereka yang tahun kemarin sudah menerima akan kembali disalurkan kembali bantuan kuota data di tahun ini.

Mantan petinggi Gojek ini menjelaskan, untuk peserta didik di jenjang pendidikan anak usia dini (Paud) akan menerima bantuan kuota sebesar 7 GB per bulan. Sedangkan untuk peserta didik di jenjang pendidikan dasar dan menengah akan menerima 10 GB perbulan.

Sementara bantuan kuota data yang akan diterima untuk pendidik di jenjang Paud dan pendidikan dasar dan menengah sekitar 12 GB per bulan. "Untuk dosen dan mahasiswa akan menerima 15 GB per bulan," katanya pada Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 yang disiarkan di Youtube Kemendikbud, Senin (1/3/2021).

Alumnus Harvard Business School ini menuturkan, tahun ini ada sedikit perbedaan yang diterapkan di bantuan kuota data. Yakni giga yang diterima penerima akan lebih kecil dari tahun lalu. Namun, katanya, fleksibilitas dalam pemakaian kuota lebih besar karena kuota ini merupakan kuota umum semua.

Sebelumnya, bantuan kuota data yang diberikan tahun lalu itu bagi siswa Paud menerima 20 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB/bulan, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 42 GB/bulan, serta untuk mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

Seluruhnya mendapatkan kuota umum sebesar 5 GB/bulan, sisanya adalah pemakaian untuk kuota belajar. Bantuan kuota data internet untuk tahun 2021 akan mulai dibagikan Maret sampai 3 bulan ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini