Butuh Perjuangan, Nakes di Pulau Terluar Terima Vaksin Dosis Kedua

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 04 Maret 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 609 2372083 butuh-perjuangan-nakes-di-pulau-terluar-terima-vaksin-dosis-kedua-rJ6dHWAA7f.jpg Tenaga kesehatan menjalani suntik vaksin Covid-19 (Foto: Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan kembali disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua.

Pelaksanaan vaksinasi kedua ini berada di pulau terpencil yang berpusat di Puskesmas Sailus, yang merupakan ibukota Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep.

Baca Juga: Cerita Lucu Nakes Takut Disuntik Vaksin, Ada yang Histeris Tarik Baju Petugas hingga Dijanjikan Hadiah Chip 1B

Tenaga Kesehatan Puskesmas Sailus Dr Amaliah Mustari mengatakan, vaksinasi tahap 2 diikuti sebanyak 30 peserta vaksinasi Covid-19.

"Asama yang pertama, untuk hari ini ada 30 orang yang terdiri nakes dan tokoh masyarakat, ada yang mewakili ada pak sekdes ada imam desa," kata Amalia kepada MNC Portal.

Pada pelaksanaan vaksinasi, sejumlah Nakes tampak begitu antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini. Para nakes ini berasal dari 10 pulau terpencil yang ada di Kecamatan Liukang Tangaya.

Mereka bekumpul di Pulau Sailus atau di Puskesmas Silus guna mendapatkan suntik vaksinasi dosis kedua.

"Sebelumnya tahap pertama itu dilakukan pada 16 Februari. Selain Pulau Sailus ada juga di pulau pulau lain. Sailus mencakup 10 pulau pulau kecil itu semua nakesnya melaksanakan vaksinasi di puskesmas sailus ini," jelas Amalia.

Saat ini, pihak Puskesmas Sailus, masih mendata jumlah masyarakat yang akan penerima vaksin pada tahap selanjutnya, seiring berakhirnya tahap vaksinasi untuk para nakes di 10 pulau di sekitar pulau sailus.

"Saat ini, kita utamakan bagi tenaga kesehatan, tetapi ada tokoh tokoh masyarakat yang kami ikutkan dengan tujuan menjadi contoh sekiranya nanti ketika kita sosialisasi ke masyarakat mereka bisa menerima vaksin ini," ungkap Amalia.

Baca Juga: Wagub DKI Sebut Vaksinasi Tenaga Kesehatan di Jakarta Baru 63,5%

Diketahui Kecamatan Liukang Tangaya merupakan salah satu wilayah kepulauan terluar Kabupaten Pangkep, yang berbatasan dengan Bali dan Nusa Tenggara Barat. Puskesmas Sailus merupakan salah tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di pulau tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini