Kuliah Semester Genap Segera Dimulai, Begini Aturan dari Kemendikbud

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 04 Maret 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 65 2372267 kuliah-semester-genap-segera-dimulai-begini-aturan-dari-kemendikbud-FSlENFlYvP.jpg Kuliah semester genap. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Kuliah semester genap tahun akademik 2020/2021 sebentar lagi segera dimulai. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud pun telah mengeluarkan kebijakan terkait penyelenggaraan perkuliahan.

Dikutip dari Instagram Ditjen Dikti Kemendikbud di @ditjen.dikti, memasuki tahun ajaran baru Ditjen Dikti Kemendikbud mengeluarkan kebijakan pembelajaran pada perguruan tinggi. Pedoman ini menindaklanjuti SE Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Baca Juga: Kisah Anak Petani yang Berhasil Jadi Sarjana Kedokteran

Beberapa kebijakan yang ditetapkan antara lain:

1. Pembelajaran di perguruan tinggi pada semester genap diselenggarakan secara campuran (tatap muka dan dalam jaringan) disesuaikan dengan status dan kondisi setempat.

Baca Juga: IPB Terbaik di Asia Tenggara Kalahkan Kampus dari Thailand, Singapura dan Malaysia

2. Masa belajar paling lama bagi mahasiswa tingkat akhir, dapat diperpanjang 1 semester. Dan pengaturannya diserahkan kepada pimpinan perguruan tinggi sesuai dengan kondisi dan situasi setempat.

3. Masa periode pembelajaran semester genap tahun akademik 2020/2021 pada seluruh jenjang program pendidikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.

4. Persiapan pelaksanaan pada poin 1 sampai dengan 3 diatas dapat dikoordinasikan terlebih dulu dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi setempat.

Melalui instagramnya, Ditjen Dikti menghimbau perguruan tinggi untuk tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yakni mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan serta masyarakat sekitarnya.

Selain itu dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Baik perkuliahan, praktikum, penelitian maupun bentuk pembelajaran lainnya harap dijaga dan ditegakkan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Selanjutnya, agar capaian pembelajaran tetap tercapai, perguruan tinggi harap memantau dan membantu kelancaran mahasiswa dalam melakukan pembelajaran dari rumah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini