Siswa MA Terkendala Daftar Akun LTMPT, Begini Prosedur Dapat Dilakukan

Neneng Zubaidah, Koran SI · Jum'at 05 Maret 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 65 2373024 siswa-ma-terkendala-daftar-akun-ltmpt-begini-prosedur-dapat-dilakukan-Knveq3fZ7A.jpg Siswa-siswi madrasah aliyah (MA). (Foto:Okezone/Dok)

JAKARTA - Siswa madrasah aliyah (MA) terkendala saat daftar akun LTMPT, jangan khawatir. Berikut ini ada langkah prosedur yang dapat dilakukan.

Pendaftaran untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tidak hanya terbuka untuk siswa SMA/SMK melainkan juga MA.

Berikut ini adalah prosedur yang bisa dilakukan jika alumni MA terkendala saat mendaftar akun LTMPT untuk mengikuti UTBK-SBMPTN.

Baca Juga: 2 Mahasiswa ITS Gunakan Membran Anorganik Kurangi Emisi Karbondioksida

Dikutip dari instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Jumat (5/3) prosedur perbaikan penambahan data siswa lulusan tahun belajar 2018/2019 dan 2019/2020 dari MA sederajat yang ingin mengubah data detail lulusan. Langkah pertamanya adalah.

1. Hubungi operator EMIS madrasah/admin EMIS Kanwil Kemenag provinsi dengan menyerahkan data diri yang diisi dengan nama lengkap, NISN, tempat tanggal lahir, alamat, RT/RW, kode pos, email, No hp, tahun lulus, tanggal masuk, kurikulum, jurusan, pilihan bahasa (jika jurusan bahasa) dan scan ijazah.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Jangan Jadi Ganjalan untuk Tetap Kuliah Berprestasi

2. Operator /admin EMIS akan mengubah/memperbaiki data melalui aplikasi EMIS monitor yakni di emispendis.kemenag.go.id/e-monitor

3. Proses sinkronisasi data dari database EMIS ke Pusdatin Kemendikbud (sekitar 4 jam sejak diubah/diperbaiki)

4. Setelah sinkronisasi selesai, siswa lulusan langsung bisa mendaftar akun LTMPT di portal ltmpt.

Berikut adalah prosedur jika alumni MA belum terdata sebagai lulusan:

1. Hubungi admins EMIS Kanwil Kemenag Provinsi dengan menyerahkan data diri yang diisi dengan nama lengkap, NISN, tempat tanggal lahir, alamat, RT/RW, kode pos, email, No hp, tahun lulus, tanggal masuk, kurikulum, jurusan, pilihan bahasa (jika jurusan bahasa) dan scan ijazah.

2. Operator/Admin akan memasukkan data melalui aplikasi EMIS monitor di emispendis kemenag.

3. Proses sinkronisasi data dari database EMIS ke Pusdatin Kemendikbud (sekitar 4 jam sejak diubah/diperbaiki).

4. Setelah sinkronisasi selesai siswa lulusan bisa langsung mendaftar akun LTMPT di portal ltmpt. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini