Mengenal Program Studi Nutrisi Teknologi Pakan Ternak Satu-satunya di Indonesia

Vitrianda Hilba Siregar, · Sabtu 06 Maret 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 65 2373080 mengenal-program-studi-nutrisi-teknologi-pakan-ternak-satu-satunya-di-indonesia-FO1E4F106B.jpg Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat. (Foto:SINDOnews)

JAKARTA - Di Indonesia, ternyata hanya ada satu kampus yang menyediakan Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan (Prodi NTP) untuk ternak. Program studi Nutrisi dan Teknologi Pakan termasuk dalam Fakultas Peternakan.

Kampus yang menyediakan prodi Teknologi Pakan IPB University merupakan satu-satunya program studi jenjang sarjana di Indonesia yang mengkaji tentang sistem produksi penyediaan pakan, evaluasi kualitas pakan dan penggunaan teknologi, manufaktur dan logistik pakan, serta rekayasa nutrisi dan biosintesis produk ternak unggul dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Mahasiswa Internasional Lulusan Inggris Boleh Bekerja Lewat Jalur Lulusan

“Komposisi pakan yang tepat menjamin tercukupinya kebutuhan nutrisi ternak untuk tumbuh sehat dan optimal sehingga produk yang dihasilkan berkualitas baik,” ujar Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) IPB University Dr Anuraga Jayanegara, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (6/3/2021).

Di tingkat nasional, Prodi NTP memiliki peranan yang penting dalam bidang nutrisi dan pakan ternak. Untuk itu Prodi NTP berusaha untuk terus mempertahankan serta meningkatkan pelaksaan peran ini dengan menghasilkan lulusan yang kompetitif baik secara nasional maupun internasional.

“Departemen INTP mengelola tiga program studi yaitu Prodi S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP), S2 dan S3 Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP),” jelasnya.

Baca Juga: 5 Langkah Persiapan Jika Ingin Studi ke Amerika Serikat

Departemen dengan motto “Better Feed for Better Food” ini mengelola enam divisi keilmuan. Yakni Divisi Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura (ITPP), Divisi Ilmu dan Teknologi Pakan (ITP), Divisi Manufaktur dan Industri Pakan (MIP), Divisi Nutrisi Ternak Unggas (NTU), Divisi Nutrisi Ternak Perah (NTP), serta Divisi Nutrisi Ternak Daging dan Kerja (NTDK).

Kegiatan belajar mengajar di Prodi NTP didukung oleh tenaga pendidik berkualitas internasional serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. Dosen-dosen INTP mempunyai kualifikasi sangat kompeten, 85 persen bergelar doktor dan 32 persen bergelar profesor. Pada tahun 2019, dosen berprestasi tingkat nasional bidang saintek berasal dari INTP serta pegawai Administrasi Akademik Terbaik IPB University juga dari INTP.

“Departemen INTP telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA),” jelas Dr Anuraga.

Sektor-sektor bidang pekerjaan yang dapat ditekuni oleh lulusan Prodi NTP diantaranya industri pakan ternak, industri peternakan, pemerintahan, lembaga penelitian, hingga wirausahawan. Rata-rata masa tunggu lulusan Prodi NTP untuk bekerja tidak lebih dari tiga bulan.

"Alumni Prodi NTP telah mampu bersaing di berbagai lapangan pekerjaan serta berhasil menduduki posisi penting di berbagai lembaga baik swasta maupun pemerintahan. Hal tersebut tentu berkat bimbingan yang diterima selama menjadi mahasiswa di Prodi ini," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini