Seluruh Padukuhan di Sleman Akan Difasilitasi Free WiFi

Harian Jogja, · Sabtu 06 Maret 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 510 2373404 seluruh-padukuhan-di-sleman-akan-difasilitasi-free-wifi-g0sDNG6OTu.jpg Foto: Istimewa

SLEMAN - Menindaklanjuti visi-misi Bupati Sleman terpilih, Kustini Sri Purnomo, Pemkab Sleman akan memfasilitasi seluruh padukuhan di Sleman dengan free wifi. Penyambungan jaringan internet ini direncanakan selesai dalam dua tahun.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Purwati, menuturkan saat ini di Sleman, fasilitas free wifi baru sampai pada tingkat kalurahan, belum menyentuh ke level padukuhan. “Akan terus diperluas untuk mendukung aktivitas masyarakat,” ujarnya, Jumat (5/3/2021).

Sleman kata dia, memiliki 1.212 padukuhan. Semua padukuhan tersebut akan difasilitasi free wifi secara bertahap yang ditargetkan dapat rampung pada 2023 mendatang. Fasilitas ini menurutnya sangat penting untuk menunjang aktivitas masyarakat seperti pendidikan, ekonomi dan lainnya.

Pemasangan jaringan internet akan menggunakan anggaran dari APBD perubahan 2021 Pemkab Sleman. fasilitas ini nantinya akan diletakkan di balai padukuhan. Sementara untuk padukuhan yang belum memiliki balai, free wifi akan diletakkan di fasilitas umum seperti masjid, taman, sekolah atau fasilitas umum lainnya.

Ia telah mengirimkan surat kepada semua kalurahan di Sleman untuk mendata setiap padukuhan di wilayahnya masing-masing terkait ketersediaan lokasi yang bisa digunakan untuk fasilitas free wifi apakah balai padukuhan atau fasilitas umum lainnya.

Sebelumnya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan fasilitas internet gratis sampai tingkat padukuhan merupakan salahs atu programnya ketika mencalonkan diri sebagai Bupati Sleman, yang akan direalisasikan dalam dua tahun kepemimpinannya.

“Saya tidak memiliki program prioritas 100 hari kerja, tapi langsung kerja. Janji saya soal pemasangan internet akan kami laksanakan bekerja sama dengan Penewu, Lurah dan Dukuh. Ini perlu kami sosialisasikan dulu,” ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini