Ridwan Kamil Targetkan 6 Juta Warga Jabar Selesai Divaksin Covid-19 Juni 2021

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Senin 08 Maret 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 525 2374387 ridwan-kamil-targetkan-6-juta-warga-jabar-selesai-divaksin-covid-19-juni-2021-HhX69edKtr.jpg Ridwan Kamil memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 (Foto: Ist)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan, sebanyak 6 juta warga Jabar selesai disuntik vaksin Covid-19 Juni 2021. Jika target vaksinasi Covid-19 bagi warga Jabar di luar tenaga kesehatan itu tercapai, maka alokasi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat akan kembali turun sekaligus mencegah persediaan vaksin tidak kedaluarsa.

"Karena kita punya target 6 juta sekian penduduk Jabar untuk lansia dan profesi yang rawan dan pelayan publik, itu harus selesai di bulan Juni (2021). Kalau kita lambat, maka vaksinnya kedaluarsa, kita sedang mengejar target itu," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat menggunakan skema bertahap karena persediaannya yang terbatas.

Terlebih, kata Emil, pemerintah pusat pun akan mengevaluasi pelaksanan vaksinasi Covid-19 di setiap daerah dimana daerah yang tingkat penyerapan vaksinnya tinggi akan diprioritaskan.

"Pemerintah pusat itu gak bisa langsung (suplai vaksin) semuanya. Dilihat (daerah) ini berprestasi atau tidak (penyerapannya), itulah kenapa saya dorong agar vaksinasi ini cepat supaya datang lagi tahap-tahap berikut. Jangan sampai tahap satu saja belum habis sudah minta tahap berikut," tuturnya.

Emil melanjutkan, salah satu upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di Jabar, yakni menyiapkan vaksinator hingga 11.000 orang. Selain itu, pihaknya pun akan memperbanyak tempat vaksinasi dengan memanfaatkan gedung-gedung milik institusi, seperti TNI/Polri.

Baca Juga : 3.098.025 Orang Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Menurutnya, langkah tersebut dapat meringankan beban fasilitas layanan kesehatan, seperti puskesmas. Tidak hanya itu, tambah Emil, pihaknya juga tengah menyiapkan vaksinasi Covid-19 secara door to door serta mobile vaksinasi Covid-19.

"Polda Jabar sudah siap menyediakan mobil vaksin dan segera dikirim ke Karawang atau Bogor. Nah kita akan fokus pada vaksinasi. Minggu ini penyuntikan untuk lansia akan massal dilakukan di seluruh daerah-daerah. Kita sudah menyimpulkan Jabar tidak akan cukup hanya mengandalkan puskesmas," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini