Universitas Terbuka Janji Berikan Beasiswa Mahasiswa yang Lolos SNMPTN 2021

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 08 Maret 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 65 2374343 universitas-terbuka-janji-berikan-beasiswa-mahasiswa-yang-lolos-snmptn-2021-xjrtyUrcep.jpg Kampus Universitas Terbuka. (Foto:Okezone)

JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) bakal memberi beasiswa kepada mahasiswa UT yang lolos pada  SNMPTN 2021 atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021.

Hal ini sebagai komitmen UT untuk memperluas akses pendidikan. UT memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA yang berkemampuan akademis namun tidak memiliki kemampuan ekonomi yang cukup. Hal ini diwujudkan dengan membuka jalur SNMPTN.

Rektor UT Ojat Darodjat mengatakan, dibukanya pintu SNMPTN ini merupakan terobosan baru agar misi UT memiliki 1 juta mahasiswa tercapai.

Baca Juga: ITB Peringkat 1 di Indonesia dalam 10 Bidang Versi QS WUR 2021

"Sejak tahun 2020, UT diberi kesempatan untuk mengikuti SNMPTN tersebut. Kami memberi kesempatan untuk lulusan SMA yang ingin masuk lewat jalur SNMPTN," katanya pada diskusi secara daring, Senin (8/3/2021).

Ojat menuturkan, pada tahun lalu jalur SNMPTN di UT dibuka untuk dua program studi yakni sistem informasi yang menerima 50 orang dan program studi teknologi pendidikan yang juga menerima mahasiswa baru dalam jumlah yang sama.

Baca Juga: 8 Kegiatan Kampus Merdeka Bisa Diikuti Mahasiswa

Untuk tahun ini, katanya, UT juga masih membuka jalur SNMPTN dan mahasiswa yang lolos juga diberi beasiswa penuh oleh UT. Tahun ini, katanya, UT membuka 2 prodi untuk SNMPTN yakni prodi ekonomi syariah dan sastra Inggris.

Dia menerangkan, untuk prodi ekonomi syariah yang mendaftar di SNMPTN mencapai 344 orang dan yang akan diseleksi untuk menerima beasiswa sebanyak 50 orang. Lalu untuk sastra Inggris jumlah yang mendaftar ada 189 orang dan akan diseleksi oleh UT sebanyak 50 orang.

"Mereka adalah anak-anak berprestasi yang sangat bagus jika bisa diterima semua. Tetapi yang akan diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh dari kita adalah 100 orang," pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini