Dies Natalis UNS ke-45, Rektor UNS: Mari Antar Mahasiswa ke Karier Terbaiknya

Neneng Zubaidah, Koran SI · Rabu 10 Maret 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 65 2375511 dies-natalis-uns-ke-45-rektor-uns-mari-antar-mahasiswa-ke-karier-terbaiknya-e5G6COAyRu.jpg Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho saat memberikan sambutan Dies Natalis UNS ke-45, Rabu (10/3/2021) secara online (Foto: Humas UNS)

JAKARTA - Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-45 diperingati hari ini, Rabu (10/3). Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho pun mendorong para dosen dan civitas akademika untuk mengenali mahasiswa dan menciptakan project di kelas sehingga bisa mengantarkan mahasiswa ke karir terbaiknya.

Jamal mengatakan, tepat di usia 45 tahun ini UNS resmi menyandang predikat sebagai universitas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Sehingga UNS menjadi kampus yang dewasa dan otonom yang siap hadir ditengah permasalahan kompleks yang dihadapi bangsa dan negara.

Baca Juga: Sistem I-Voting Pemilu IA ITB Diragukan Sejumlah Alumni

"Kehadiran kita sebagai kaum intelektual adalah hadir untuk memberi solusi serta memberi kontribusi yang nyata dan signifikan, sehingga akan tercipta reputasi di tingkat lokal, nasional dan internasional," katanya saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Dies Natalis ke-45 UNS yang disiarkan melalui laman YouTube Universitas Sebelas Maret pada Rabu (10/3/2021)

Jamal menerangkan, meski UNS masih berusia muda namun di hampir semua perangkingan UNS sudah berada di klaster pertama dan menduduki rangking 10 besar. Namun prestasi ini tidak boleh membuat lengah, katanya, sebab dunia sudah berubah dengan sangat cepat.

Baca Juga: Peta Jalan Pendidikan, Kemendikbud: Agama dan Pancasila Tetap Ada

"Maka saya ingin mengajak semuanya untuk merapatkan barisan, memupuk semangat kebersamaan, menjalin kekompakan untuk bersama-sama secara kolektif menciptakan prestasi dan reputasi dari bumi Kentingan UNS ini, yaitu : Reputasi akademik dan Reputasi lulusan kita," katanya.

Jamal melanjutkan, meminjam istilah Khalil Gibran, Anakmu bukanlah milikmu, mereka hidup bersamamu tapi mereka bukan hak-mu dia mengajak dan mengetuk pintu hati dosen dan sebagai tenaga pendidik untuk menjaga amanah ini. "Yaitu mengantarkan mahasiswa-mahasiswa kita pada karir terbaiknya," imbuhnya.

Rektor mendorong dosen untuk mengenali mahasiswanya, mengenali kompetensi dan juga cita-cita para mahasiswa yang sedang dididiknya. Dosen juga didorong untuk menciptakan project-project di kelas melalui project based learning agar diakhir perkuliahan akan ada karya-karya bersama dosen dan mahasiswanya.

"Jadikan karya-karya itu sebagai mementum untuk menciptakan jiwa kompetisi mahasiswa. Karena ini adalah langkah awal keberhasilan kita, yaitu mencetak mahasiswa berprestasi dan kelak Ketika lulus akan mengharumkan nama kampus UNS ini," pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini