Kasus Penembakan Spa yang Tewaskan 8 Orang, Senjata Api Dibeli Secara Legal

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 18 Maret 2021 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 18 2379702 kasus-penembakan-spa-yang-tewaskan-8-orang-senjata-api-dibeli-secara-legal-gsVt3M7TPy.jpg Pelaku penembakan spa di Atlanta membeli senjata api secara legal (Foto: CNN)

ATLANTATersangka pelaku penembakan tiga spa di Atlanta Robert Aaron Long dilaporkan memiliki senjata api (senpi) 9 mm di mobilnya ketika ditangkap.

Long diketahui membeli senjatanya secara legal di toko senjata lokal, Big Woods Goods di Holly Springs, Georgia. Hal ini dikonfirmasi oleh pengacara perusahaan kepada CNN.

Dalam pernyataan singkatnya kepada CNN, Matt Kilgo mengatakan perusahaan sepenuhnya bekerja sama dengan penegak hukum dan tidak ada indikasi jika ada sesuatu yang tidak pantas dengan penjualan senjata api tersebut pada Selasa (16/3).

Diketahui, penembakan pada Rabu (17/3) terjadi di dua spa di Atlanta dan satu lagi di Acworth, sekitar 10 mil barat Woodstock - yang menewaskan delapan orang, setidaknya empat di antaranya wanita Asia, tewas.

(Baca juga: Facebook Hapus Akun Instagram Tersangka Penembakan Spa yang Tewaskan 8 Orang)

Empat orang yang tewas dalam penembakan di dekat Woodstock adalah Delaina Ashley Yaun, 33, dari Acworth; Paul Andre Michels, 54, dari Atlanta; Xiaojie Yan, 49, dari Kennesaw; dan Daoyou Feng, 44.

Korban yang terluka adalah Elcias R. Hernandez-Ortiz, 30, dari Acworth.

Pihak berwenang menangkap Long sekitar 150 mil di selatan Atlanta di Crisp County. Polisi negara bagian menahannya setelah menggunakan manuver pengejaran khusus untuk memutar mobilnya di luar kendali.

Sheriff Frank Reynolds dari Cherokee County, tempat penembakan Acworth terjadi, mengatakan orang tuanya menelepon polisi setelah melihat rekaman pengawasan yang diposting pihak berwenang ke media sosial (medsos).

(Baca juga: Tersangka Penembakan Spa yang Tewaskan 8 Orang, Diduga Kecanduan Seks)

"Kami dihubungi oleh anggota keluarga yang menyebutkan bahwa itu mungkin putra mereka, jadi kami bertemu dengan mereka," kata Reynolds. "Mereka sangat putus asa, dan mereka sangat membantu dalam ketakutan ini."

Sheriff mengatakan setelah penyelidik mengidentifikasi Long, mereka melacak teleponnya dan mengantisipasi pergerakannya, yang mengarah pada penangkapannya di Crisp County.

Juru bicara Kantor Sheriff Crisp County, Haley Little mengatakan dalam foto-fotonya, Long mengenakan setelan pencegahan bunuh diri sebagai yang kerap menjadi kebiasaan tindakan pencegahan.

Sementara itu, CNN mengunjungi rumah kakek nenek Long di Morristown, Tennessee, pada Rabu (17/3).

"Yang ingin saya katakan adalah bahwa dia adalah cucu kami dan kami masih sangat mencintainya," kata nenek Long, Margaret Long, yang tampak kesal. Kakek Long menyela percakapan, mengatakan bahwa mereka telah diberitahu untuk tidak berbicara dengan siapa pun dan tidak memberikan komentar lebih lanjut.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini