Diserang Laser, Pesawat Tujuan Tel Aviv Terpaksa Putar Balik ke London

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 18 Maret 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 18 2379835 diserang-laser-pesawat-tujuan-tel-aviv-terpaksa-putar-balik-ke-london-VY0W5P6e5J.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LONDON - Sebuah penerbangan Virgin Atlantic menuju Tel Aviv, Israel pada Senin (15/3/2021) malam terpaksa berbalik setelah salah satu pilot diserang dengan laser di tengah penerbangan. Insiden itu telah dikonfirmasi oleh maskapai tersebut baru-baru ini.

Penerbangan tersebut berangkat dari Bandara Heathrow, London, Inggris sekira pukul 21.30. waktu setempat, dan baru mengudara selama kira-kira 20 menit sebelum panggilan dibuat untuk memutar balik. Pesawat Boeing 787 itu telah mendekati Paris, Prancis, saat insiden terjadi.

BACA JUGA: Ketiduran di Pesawat, Penumpang Ini Malah Didenda Rp3,6 Miliar

Semua awak dan penumpang di Penerbangan VS452 itu kembali dengan selamat ke London sekira pukul 22:45.

Seorang juru bicara maskapai menjelaskan kepada The Times of Israel bahwa keputusan untuk kembali ke Bandara Heathrow adalah "langkah pencegahan yang diambil oleh awak operasi."

"Keselamatan dan keamanan orang-orang kami dan pelanggan kami adalah yang terpenting," kata juru bicara tersebut sebagaimana dilansir Sputnik. Dia menambahkan bahwa semua penumpang diberikan akomodasi semalam.

“Kami ingin berterima kasih kepada pelanggan kami atas kesabaran mereka dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.”

BACA JUGA: Pesawat Mendarat Darurat Setelah Pilot Diserang Kucing di Dalam Kokpit

Sejalan dengan prosedur standar, insiden tersebut dilaporkan ke polisi setempat dan Otoritas Penerbangan Sipil Inggris. Badan penerbangan mencatat di situs webnya bahwa siapa pun yang mengarahkan laser ke pilot dapat menghadapi hukuman serius, seperti denda atau menghabiskan maksimal lima tahun penjara.

Publikasi Maariv melaporkan bahwa individu yang bertanggung jawab atas serangan laser telah ditangkap. Belum jelas apakah ada tuduhan yang diajukan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini