Orasi Ilmiah Doni Monardi Bertajuk Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 27 Maret 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 65 2384946 orasi-ilmiah-doni-monardi-bertajuk-model-tata-kelola-sumber-daya-alam-dan-lingkungan-1VmAaIvo1U.jpg Doni Monardo mendapat gelar Doktor Kehormatan dari IPB. (Foto: Tangkapan Layar Live IPB))

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) hari ini, Sabtu (27/3/2021).

Dalam pidato ilmiahnya, Doni Monardo bertajuk Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Pengalaman bertahun-tahun berlatih di hutan dan penugasan operasi militer di beberapa daerah membuat Doni mengenali banyak jenis tanaman. Sehingga dia berkomitmen untuk menanam, merawat dan melestarikan tanaman di mana pun Doni Mornadi berada.

Baca Juga : Doni Monardo Akan Terima Gelar Honoris Causa dari IPB

Dimulai dengan menanam pohon di Asrama Brigif Para Raider III/Tri Budi Sakti Kostrad yang tandus, di Kariango, Sulawesi Selatan, yang merupakan sumbangan dari alm. Andi Tendri Onigapa, pimpinan Panin Peduli Makassar. Dilanjutkan dengan pembibitan Trembesi, serta menanamnya di banyak tempat di Sulawesi Selatan termasuk di Lapangan Karebosi dan Bandara Sultan Hasanuddin. Berkomitmen untuk melanjutkan program ini dengan mencanangkan slogan yang terpampang di kebun Bibit Brigif Para Raider III/Tri Budi Sakti Kostrad Kariango pada tahun 2008 “Dari Kariango Ikut Hijaukan Indonesia”. 

Baca Juga : Doktor HC Doni Monardo, Kisah di Balik Layar

Setelah pindah ke Paspampres di Jakarta, komitmen itu Doni Monardi buktikan dengan membuat kebun bibit trembesi di Cikeas akhir November 2008, dan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2009, bibit trembesi dibagikan di Istana Merdeka.

Selanjutnya, tahun 2010 Doni Monardo mengembangkan kebun bibit di Rancamaya. 100.000 bibit trembesi ditanam di wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dan DKI Jakarta termasuk di sepanjang Kota Kudus, Jawa Tengah.

Kemudian 100.000 bibit Sengon dibagikan secara gratis kepada masyarakat termasuk warga terdampak erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini