Terima Gelar Honoris Causa dari IPB, Doni Monardo Menangis saat Bacakan Pidato Ilmiah

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 27 Maret 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 65 2384978 terima-gelar-honoris-causa-dari-ipb-doni-monardo-menangis-saat-bacakan-pidato-ilmiah-QxIXbglnY2.jpg Doni Monardo (Foto : BNPB)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo resmi menyandang gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pemberian gelar doktor kehormatan ini berdasarkan surat Keputusan Senat Akademik IPB Nomor 21/IT3.SA/PT/2020 tentang persetujuan pemberian gelar doktor kehormatan, doktor Honoris Causa, kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Pembacaan surat keputusan ini oleh Sekretaris Senat Akademik IPB, Muhammad Syukur.

Doni Monardo dalam penganugerahan gelar Honoris Causa ini menyampaikan pidato ilmiah berjudul Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

“Hadirin yang saya muliakan marilah kita mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup dan bernafas dari oksigen yang dihasilkan oleh tanaman di sekitar kita,” ungkap Doni dalam pidato ilmiahnya, Sabtu (27/3/2021).

Doni Monardo juga mengucapkan sejumlah jajaran profesor seperti Prof Prof. Dr. Ir. Anas M. Fauzi, M.Eng (Dekan Sekolah Pasca Sarjana); Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, M.S; Prof. Dr. Ir. Widiatmaka, M.Sc.; Prof. Dr. Ir. M.H. Bintoro, M.Agr; dan Dr. Ir. Suryo Adiwibowo, M.S yang telah mengusulkan pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Rektor IPB.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan kepada Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si., Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar IPB yang telah menganugerahi saya Doktor Kehormatan dan memfasilitasi saya untuk melaksanakan orasi ilmiah ini,” kata Doni Monardo.

Baca Juga : Orasi Ilmiah Doni Monardi Bertajuk Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Doni Monardo pun tak kuasa menahan air matanya setelah mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak sebelum melanjutkan pidato ilmiahnya. “Saya akan mempertanggungjawabkan penghargaan dan kepercayaan yang diberikan IPB kepada saya ini,” katanya sambil menundukkan kepada dengan terisak.

Para audiens yang hadir pun memberikan tepuk tangan kepada Doni Monardo.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini