UI Raih Juara Kompetisi Bisnis Start-up ITB

Neneng Zubaidah, Koran SI · Rabu 07 April 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 65 2390660 ui-raih-juara-kompetisi-bisnis-start-up-itb-D2MUAJ6uZA.jpg Kampus UI di kawasan Depok, Jawa Barat. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Universitas Indonesia diwakili Tim Gardata meraih gelar juara pertama ajang kompetisi bisnis start-up yang diselenggarakan oleh The Founders Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam ajang yang diberi nama Funding Frenzy 2021 ini, Tim Gardata UI mengirim 3 mahasiswa UI yaitu Gracella Jovita (Aktuaria 2018), Emelia Sekarwati (Ilmu Ekonomi 2018), dan Veniena Suhrie Hakim (Statistika 2019).

Gardata adalah sebuah start-up berbasis teknologi yang memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan penelitian di Indonesia dengan menyediakan berbagai layanan penelitian data, seperti pencarian responden, analisa data, transkrip, dan lainnya.

Baca Juga: KIP Kuliah Bisa Buat Daftar PTN Seleksi Mandiri

“Gardata bekerja sebagai third-party yang menjadi penghubung antar peneliti serta kebutuhan pendukung penelitian mereka. Saat ini kami telah membantu berbagai macam klien dari mahasiswa, organisasi, market research, dan lainnya,” ujar Ketua Tim Gardata Gracella Jovita melalui siaran pers, Rabu (7/4/2021).

Menurut Anggota Tim Emelia, konsistensi eksekusi bisnis inilah yang menjadi salah satu kunci kemenangan tim Gardata di ajang ini.

Dia menjelaskan, eksekusi akan selalu menjadi portofolio terbaik untuk dibuktikan. Hal lain yang menjadi keunggulan timnya adalah adanya unique selling idea. Dimana ada menyederhanakan proses konsultasi menggunakan sistem chatbot berbasis Artificial Intelligence di LINE

Baca Juga: UGM Gelar UTBK 2021 hingga 2 Gelombang

“Sehingga klien kami mendapatkan suatu produk yang tidak hanya berguna, namun juga mudah dan sederhana,” ujar Emelia.

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris, ikut bangga atas prestasi tersebut. Dia menuturkan di UI, tercatat banyak riset yang terus dikembangkan sebagai kontribusi bagi negara.

“Berbagai inovasi itu termasuk yang berasal pemikiran kritis mahasiswa kami untuk kepentingan masyarakat, seperti yang dilakukan tim Gardata ini. Kami mengapresiasi kemenangan mereka dan mendorong untuk selalu melakukan terobosan di bidang keilmuannya," ujar Prof. Abdul Haris.

Funding Frenzy merupakan acara yang diselenggarakan The Founders Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB). The Founders merupakan sebuah Badan Semi Otonom (BSO) ITB yang bergerak di bidang inkubasi inovasi dengan tujuan utama membangun ekosistem startup di kalangan mahasiswa Indonesia.

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini