Guru Tewas Ditembak KKB, Keluarga: Yonatan Baik Sekali Orangnya

Jufri Tonapa, iNews · Senin 12 April 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 340 2393126 guru-tewas-ditembak-kkb-keluarga-yonatan-baik-sekali-orangnya-Z9nuVQ71yQ.jpg Evakuasi jenazah guru yang tewas ditembak KKB di Papua (Foto: tangkapan layar)

TORAJA UTARA - Tangis keluarga Yonatan Randen pecah setelah mendengar guru SMPN 1 Julukoma itu tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Yonatan dikenal sebagai sosok penyanyang keluarga. Dia selalu menanyakan kabar anaknya saat bertelefon dengan keluarga di Bangkelekila, Taraja Utara.

"Yonatan Baik sekali (orangnya), kalau telefon nanya kabar anaknya," kata mertua Yonatan, Rita Salu, Senin (12/4/2021).

Yonatan juga dikenal baik terhadap sesama. Dia mengabdikan dirinya sebagai guru kontrak di SMP 1 Beoga, Puncak Jaya.

kebaikan korban keganasan KKB itu terlihat dari perlakuannya sebelum tewas. Dia sebenarnya ingin membungkus dengan terpal rekannya yang terlebih dahulu tewas akibat diserang KKB.

"Kan ada mayat satu sudah mulai membusuk karena sudah dua malam di atas. Dia pergi sama kepala sekolahnya, dia pergi ambil terpal untuk nutup itu mayat," kata istrinya, Dewi Gita Paliling menceritakan kronologis tewasnya sang suami.

Dewi juga diperlihatkan foto jenazah istrinya saat dievakuasi. Dia mengatakan bahwa Yonatan tewas dihantam dua timah panas KKB saat hendak menutup jenazah Oktovianus Rayo, rekannya sesama guru.

"Dia diserang dan kena tembakan, difoto lihat di belakangnya kena dua dan tembus ke dadanya," tuturnya.

Saat ini jenazah Yonatan telah tiba di Makassar dan tengah dalam perjalanan menuju rumah duka setelah dievakuasi prajurit TNI-Polri usai diserang KKB di Punvak Jaya, Papua.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini