Tangis Haru Warga Terdampak Banjir Bandang NTT Usai Terima Bantuan

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 16 April 2021 23:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 340 2396094 tangis-haru-warga-terdampak-banjir-bandang-ntt-usai-terima-bantuan-Mr8n9ZnC6x.jpg Foto: Antara

KUPANG – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi melaporkan, jumlah korban bencana banjir bandang NTT yang masih berada di pengungsian semakin berkurang. Awalnya ada 7.625 kepala keluarga (KK) yang mengungsi, kini tersisa 1.023 kepala keluarga (KK) atau 4.182 orang.

(Baca juga: Curhat Nelayan Korban Badai Seroja: Kapal Rusak, Kini Harus "Berteman" dengan Utang)

“Dan yang di luar posko, ini maksudnya (pengungsi) di beberapa tempat atau rumah-rumah keluarga berjumlah 43.425 orang,” ujar Josef dalam konferensi pers update penanganan bencana di NTT, Jumat (16/4/2021).

Dia juga melaporkan kerusakan rumah akibat bencana siklon tropis seroja ini. “Kerusakan rumah perlu saya sampaikan, rusak berat 14.862 unit, rusak sedang 12.865, dan rusak ringan 43.089 unit,” ucapnya.

(Baca juga: Pascabencana Banjir Bandang, Wagub NTT: Rata-rata 60-70% Listrik Sudah Menyala)

Saat ini data korban per Jumat 16 April 2021 adalah, sebanyak 181 orang meninggal dan 47 masih dinyatakan hilang. Jumlah ini masih sama dengan dua hari sebelumnya.

ist

“Jumlah korban yang meninggal dunia masih tetap sama sebanyak 181 orang. Dan 47 orang masih dinyatakan hilang. Sementara, keluarga yang terdampak ada 443.325 jiwa,” tutup Josef.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir bandang akibat bencana siklon seroja di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan ini langsung diserahkan secara simbolis oleh Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama kepada Bupati Kupang, Korinus Masneno, di kantor Bupati Kupang.

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama didampingi Ketua DPD KNPI NTT, Ketua DPD KNPI Kabupaten serta puluhan kader KNPI wilayah NTT menyerahkan bantuan berupa sembako. Bantuan ini nantinya akan segera disalurkan oleh Pemkab Kupang kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan.

Warga yang menerima bantuan dari DPP KNPI ini kata merasa terharu dan bahagia, karena mereka membutuhkan bantuan tersebut, apalagi saat bulan puasa seperti sekarang ini.

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama dalam pertemuan singkat bersama Bupati Kupang, mengucapkan turut berduka bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang atas musibah bencana badai siklon seroja yang melanda NTT pada 4 April lalu.

“Bantuan ini merupakan bentuk wujud kepedulian kami dari KNPI. Bagi KNPI, anak muda harus turut serta berempati terhadap daerah, khususnya sosial kemasyarakatan,” ujar Haris Pertama.

Dia menambahkan, kedatangan KNPI di Kabupaten Kupang untuk sedikit membawa kebahagiaan bagi para korban bencana.

“Ini beberapa tahap. Saat ini juga ada inisiatif teman-teman KNPI untuk melanjutkan penggalangan dana. KNPI akan terlibat dan partisipasi aktif dalam penanganan bencana di Provinisi NTT,” ujarnya.

Haris Pertama juga meminta Pemkab Kupang dalam hal ini Bupati Kupang agar bisa terus bersinergi bersama KNPI untuk bisa berkarya terutama bagi kelangsungan pembangunan di Kabupaten Kupang.

Sementara Ketua DPD KNPI NTT, Hermanus Boki dalam kesempatannya mengatakan, KNPI juga turut merasakan kesedihan para korban banjir bandang NTT.

“Bantuan ini merupakan bukti empati kami KNPI. Kami ingin menghapus air mata masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kupang. Semoga upaya cerdas yang saat ini dilakukan pemerintah daerah bisa secepatnya menyelesaikan problem bencana yang sedang dialami,” ujarnya.

Hermanus Boki menambahkan, KNPI bersama Bupati Kupang ibarat bapak dan anak. Ketika bapak sedih, pasti anak pun ikut sedih. Ketika bapak terluka pasti anak pun ikut terluka. Ketika ada beban yang dirasakan bapak cukup berat, maka biarkanlah anak untuk membantu menanganinya.

“Kedatangan Ketua Umum KNPI ini merupakan upaya dan usaha yang dilakukan Ketua KNPI Kabupaten Kupang, kakanda Yoseph Lede,"ujarnya

"Terimakasih KNPI Kabupaten Kupang yang sudah melakukan berbagai upaya membantu Pemkab Kupang dalam menangani bencana. Semoga yang dilakukan kader-kader muda Kabupaten Kupang ini, bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita semua,” tutup Hermanus Boki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini