Penyekatan Arus Mudik di Kuningan, Petugas: Masih Banyak yang Manfaatkan Jalan Tikus

Wisnu Yusep, Okezone · Rabu 28 April 2021 04:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 525 2401901 penyekatan-arus-mudik-di-kuningan-petugas-masih-banyak-yang-manfaatkan-jalan-tikus-i83qV7wNbc.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

KUNINGAN – Penyekatan arus mudik Lebaran 2021 mendapatkan fakta bahwa masih banyak pemudik dari berbagai kota yang mengarah ke wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melakukan curi-curi waktu dengan petugas agar bisa lolos dari upaya penyekatan.

Hal itu disampaikan Padal Posko Tugu Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan, Ipda Sunardi ketika melakukan penyekatan di pos check poin Patung Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa 27 April 2021.

"Ini, kalau kita lihat masih ada yang melakukan colong-colongan, karena mereka memanfaatkan waktunya dari pagi sampai subuh. Jalan tikus, bisa diakalin," kata dia kepada MNC Portal Indonesia.

Biasanya, kata dia, banyak travel gelap yang melakukan hal itu untuk bisa lolos ke wilayah yang mereka tuju. Kemudian, jika terjaring di cek poin, pihaknya akan mempertanyakan mengapa bisa lolos.

Baca juga: Catat, Ini 8 Kawasan yang Diperbolehkan Mudik Lokal

"Kita mempertanyakan mereka diloloskan dari Cikarang. Travel gelap itu jelas, penumpangnya banyak, kita curigai kita bisa berhentikan," beber dia.

Meski demikian, Ipda Sunardi menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya belum menemukan pemudik meski banyak kendaraan plat B dan D yang memasuki wilayah Kuningan.

Baca juga: Waspadai Super Spreader Penularan Covid-19 saat Mudik Lebaran 2021

"Masih nihil, belum ada tanda-tanda," ujar dia.

Dia pun memprediksi arus mudik akan terjadi pada H-10 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. "Prediksi H-10 ya, tapi kita tetap siaga," pungkas dia.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini