Gibran Tegaskan Tak Segan Copot ASN di Kota Solo Jika Ketahuan Selingkuh

Bramantyo, Okezone · Kamis 29 April 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 512 2402860 gibran-tegaskan-tak-segan-copot-asn-di-kota-solo-jika-ketahuan-selingkuh-IGtbRmR1d4.JPG Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (Foto: Okezone)

SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka secara tegas mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajarannya untuk tidak meniru apa yang telah dilakukan seorang guru perempuan SMP di Solo yang terpaksa dipecat karena ketahuan selingkuh.

Karena, apabila ketahuan melakukan perbuatan seperti yang dilakukan guru SMP tersebut (selingkuh), maka nasib serupa (pemecatan) bisa dijatuhkan.

"Jangan melakukan hal-hal di luar tugasnya. Profesional lah dalam bertugas. Bila ketahuan (selingkuh) kita tindak tegas," papar Gibran, Kamis (29/4/2021).

Gibran mengakui kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh guru perempuan di salah satu SMP di Solo ini sudah berlangsung lama. Dan begitu kasus perselingkuhan itu terkuak, maka pihaknya menyetujui tindakan tegas diambil. Karena perbuatan itu telah mencoreng nama baik ASN di kota Solo.

"Iya sudah lama (perselingkuhan). Makannya saya tindak tegas. Semua sudah beres dan sudah ada hukumannya,"terangnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Solo, Nur Haryani terpaksa memberhentikan seorang guru SMP, setelah guru itu dilaporkan oleh istri sah ASN lainnya kepada BKPP Solo, setelah melakukan perbuatan selingkuh dengan suaminya.

Perhentian itu dilakukan setelah dilakukan penyelidikan dan ternyata laporan itu benar adannya.

"Kebetulan sama-sama PNS, tapi yang satu di luar Solo. Jadi yang menjadi kewenangan kami yang perempuan," paparnya.

Menurutnya hukuman disiplin tingkat berat telah dijatuhkan. Yakni dibebaskan dari jabatan sebagai guru, dan hanya menjadi staf atau jabatan fungsional umum.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini