Jadi Kampus Inklusif, UNS Buka Jalur Disabilitas

Vitrianda Hilba Siregar, · Senin 10 Mei 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 65 2408417 jadi-kampus-inklusif-uns-buka-jalur-disabilitas-60RCQytMLn.jpg Kampus Universitas Sebelas Maret. (Foto:Dok/Okezone)

JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) ini.

Penyandang disablitas diakomodir menjadi calon mahasiswa UNS melalui Selesksi Mandiri UNS Jalur Disabilitas.

Kepala UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si dalam webinar series UNS menjelaskan, sejauh ini semua jalur masuk PTN, termasuk di UNS diminati semua siswa.

Sementara pembukaan Seleksi Mandiri untuk jalur disabilitas merupakan upaya UNS agar menjadi kampus bersifat inklusif.

Artinya memberi kesempatan kepada semua orang, dari semua agama, suku, rasa dan juga kemampuan ekonomi tapi tetap memperhatikan prestasi akademik.

Baca Juga: UNS Masuk Peringkat 201-300 Dunia pada THE Impact Ranking

"Nah atas asas dasar inilah bagi PTN dan UNS yang membuka jalur disablitas," sebutnya.

Namun yang patut diingat, meski UNS membuka Seleksi Mandiri jalur disabilitas, tapi patut diingat UNS juga menerima penyandang disablitas di jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Namun memang, kata dia, bila penyandang disabilitas masuk seleski di SNMPTN atau SBMPTN, persentase kelulusan menjadi minim karena bersaing dengan siswa yang normal, bersaing secara terbuka.

"Nah kami UNS pun mengambil keputusan membuka Seleksi Mandiri jalur disabilitas. Syaratnya adalah berbasis raport. Kami tidak ingin membebani teman-teman disabiltas seperti di jalur jalur lainnya. Cukup kami syaratkan raport saja, juga prestasi akademi lainnya," paparnya.

Pembukaan jalur disabilitas ini adalah kedua kalinya sejak tahun 2020. "Jadi ini adalah kebanggaan karena ini membuktikan UNS adalah kampus yang inklusif, terbuka untuk semua orang. Dan ini cukup membanggakan karena UNS adalah kampus kedua setelah Universitas Brawijaya yang menyiapkan jalur ini," ujarnya.

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini