Kecelakaan di Sinagoga Israel, Setidaknya 2 Jemaat Tewas, Puluhan Luka-Luka

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 17 Mei 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 18 2411048 kecelakaan-di-sinagoga-israel-setidaknya-2-jemaat-tewas-puluhan-luka-luka-syV6Slbz0Y.jpg Ilustrasi.

TEPI BARAT - Setidaknya dua jemaah tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka pada Minggu (16/5/2021) ketika sebuah tribun runtuh di sebuah sinagoga yang sedang dibangun di pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki, kata layanan ambulans nasional Israel.

Diwartakan Reuters, kecelakaan di Givat Zeev, tepat di utara Yerusalem, menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang tindakan pengamanan di acara ultra-Ortodoks besar, dua minggu setelah 45 peziarah terinjak-injak sampai mati dalam kekacauan di situs pemakaman seorang bijak Yahudi di Israel utara.

BACA JUGA: Puluhan Orang Tewas Terinjak-Injak di Festival Keagamaan Israel

Seorang juru bicara polisi mengatakan 650 jamaah berada di tempat ibadah Givat untuk memulai hari raya Yahudi di Shavuot.

Acara tersebut diadakan di sinagoga yang dibangun sebagian. Walikota setempat dan petugas pemadam kebakaran senior dan petugas polisi mengatakan itu telah berjalan meskipun tidak ada izin dan peringatan resmi bahwa zona bangunan itu tidak aman.

Seorang Juru Bicara Layanan Ambulans Magen David Adom mengatakan setidaknya dua orang tewas. Ambulans dan helikopter militer mengangkut korban luka ke rumah sakit.

BACA JUGA: Yordania Kecam Israel Setelah Puluhan Yahudi Masuki Masjid Al Aqsa

Rekaman keamanan yang disiarkan di Channel 12 TV menunjukkan tribun yang ramai runtuh dan jamaah jatuh di atas satu sama lain.

"Kami dipanggil lagi ke acara lain di mana ada kelalaian dan kurangnya tanggung jawab. Akan ada penangkapan," kata kepala polisi Distrik Yerusalem Doron Turgeman dari tempat kejadian, di TV langsung.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini