Ingin Berkarier di Bidang Industri Kreatif? 3 Jurusan Kuliah Ini Bisa Jadi Pilihan

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 17 Mei 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 65 2411305 ingin-berkarier-di-bidang-industri-kreatif-3-jurusan-kuliah-ini-bisa-jadi-pilihan-vqPB2vBCuz.jpg Foto: Dok. SINDOnews.

JAKARTA – Bagi para calon mahasiswa, memilih jurusan perguruan tinggi merupakan langkah penting yang harus dipikirkan dengan baik. Pasalnya, langkah ini bisa jadi menentukan peluang mereka untuk bekerja di bidang yang diinginkan.

Bidang industri kreatif berpotensi besar menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan. Karena itulah sektor ini perlu memiliki sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi.

BACA JUGA: Menjadi Pengusaha Kreatif, Begini Cara Memulainya

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Senin (17/5/2021), keterampilan, talenta dan unsur-unsur kreativitas adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan jika ingin berkarier di industri kreatif.

Kuliah di jurusan industri kreatif bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi. Berikut jurusan-jurusan terkait yang bisa diambil bagi mereka yang berminat dengan dunia industri kreatif.

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan DKV mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa(desain) untuk menginformasikan atau mempersuasi penerima pesan.

BACA JUGA: Soal Peleburan Kemendikbud-Ristek, Nadiem: Rektor Semakin Mudah Koordinasi

Disini sobat vokasi akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika.

Di prodi ini, mahasiswa juga akan banyak kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media. Seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi dan sebagainya.

Lulusan DKV mempunyai peluang kerja yang luas terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, pengembang web, startup, humas di perusahaan, konsultan branding dan sebagainya. Potensi karir juga bisa dipilih sebagai desainer lepas (freelance).

2. Desain Grafis

Jurusan desain grafis mempelajari bagaimana menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator dan sejenisnya dengan elemen foto, font, warna, ilustrasi, tekstur dan sebagainya. Hal ini berguna untuk menyampaikan pesan di beragam media. Seperti iklan cetak, poster, majalah, koran, brosur dan sebagainya.

Saat menjadi mahasiswa jurusan ini akan dibekali dengan ilmu untuk menjadi seorang yang kreatif dan bisa mengekspresikan suatu pesan melalui visual serta teknologi.

Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja luas terutama di industri kreatif.

3. Penyiaran

Jurusan penyiaran mempelajari bagaimana menciptakan suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan kepada masyarakat melalui media massa.

Di program studi ini mahasiswa tidak hanya belajar mengenai cara tampil didepan layar kaca melainkan juga mempelajari proses di balik layar kaca.

Program studi ini sangat cocok untuk mahasiswa yang komunikatif, kreatif dan camera face. Melalui jurusan ini mahasiswa juga bisa menciptakan konten-konten kreatif yang bermutu tinggi dan mendidik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini